PEMBERITAAN KEDAULATAN RAKYAT TERHADAP KEBIJAKAN RESTRUKTURISASI DAN RASIONALISASI ANGKATAN PERANG 1947-1948

SUBANDI RIANTO, 120914028 (2013) PEMBERITAAN KEDAULATAN RAKYAT TERHADAP KEBIJAKAN RESTRUKTURISASI DAN RASIONALISASI ANGKATAN PERANG 1947-1948. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
FS.Sej.19-13 Ria p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (956kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-riantosuba-32401-7.-abstr-k.pdf

Download (255kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini membahas pandangan surat kabar Kedaulatan Rakyat dalam menyikapi kebijakan pemerintah mengenai reformasi militer di tahun 1947-1948. Program reformasi militer tersebut dikenal dengan Restrukturisasi dan Rasionalisasi Angkatan Perang (ReRa AP). Studi ini melihat dan menganalisis pandangan surat kabar Kedaulatan Rakyat terhadap kebijakan pemerintah di dua kabinet yang berbeda, yaitu kabinet Amir Syarifudin dan Kabinet Moh. Hatta. Pandangan Kedaulatan Rakyat diteliti dalam pemberitaan-pemberitaan (baik berbentuk tajuk atau kolom berita) selama periode kebijakan tersebut diusulkan oleh BP-KNIP di pertengahan tahun 1947 hingga dilaksanakan oleh PM. Hatta di awal tahun 1948. Studi ini menggunakan metode sejarah yang terdiri dari kumpulan arsip surat kabar dalam kurun waktu 1947-198 serta rujukan-rujukan mengenai pandangan politik surat kabar Kedaulatan Rakyat. Penelitian ini menggunakan kerangka teori analisis wacana. Teori analisis wacana berfungsi dalam analisis teks pemberitaan surat kabar berbentuk naratif. Teks kemudian dianalisis dan diperoleh hasil akhir pandangan Kedaulatan Rakyat terhadap Kebijakan ReRa. Tujuan utama penulisan ini adalah mengidentifikasi faktorfaktor dan pandangan politik yang mempengaruhi pemberitaan surat kabar Kedaulatan Rakyat terhadap kebijakan ReRa. Terdapat beberapa pembahasan penting dalam penelitian ini, seperti adanya ikatan antara redaktur Kedaulatan Rakyat dengan beberapa tokoh politik. Serta semangat pendirian Kedaulatan Rakyat yang didirikan setelah proklamasi kemerdekaan RI bertujuan untuk membangun demokrasi pers. Pemberitaan Kedaulatan Rakyat terhadap ReRa lebih banyak dipengaruhi semangat membangun demokrasi negara berbasis pers. Pengaruh tersebut terasa dalam tajuk-tajuk yang bernilai cerdas, substansial serta tetap mempertahankan daya kritis ketika menanggapi program pemerintah. Kedaulatan Rakyat mampu menyampaikan bahwa program reformasi militer sangat diperlukan untuk membangun Indonesia lebih modern. Namun tetap didasari pada asas keadilan dan kesejahteraan yang tertuang dalam konstitusi negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.Sej. 19/13 Ria p
Uncontrolled Keywords: GOVERMENT
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
SUBANDI RIANTO, 120914028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuryadi,, Drs.,M.IP.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 06:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item