KEPAK SAYAP MERPATI DI KOTA PAHLAWAN: SEJARAH KANTOR POS BESAR SURABAYA 1926-1955

Deka Yudhiawantiarsa, 120810333 (2013) KEPAK SAYAP MERPATI DI KOTA PAHLAWAN: SEJARAH KANTOR POS BESAR SURABAYA 1926-1955. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2013-yudhiawant-32403-8.-abstr-k.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (full text)
FS.Sej.20-13%20Yud%20k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kepak Sayap Merpati di Kota Pahlawan: Sejarah Kantor Pos Besar Surabaya 1926-1955” bertujuan untuk mendokumentasi ulang dan menjelaskan mengenai aktivitas Kantor Pos Besar Surabaya didalam tiga era kekuasaan yaitu Belanda, Jepang, dan Indonesia (Orde Lama). Peran Kantor Pos Besar Surabaya terhadap perkembangan sejarah Indonesia cukup besar. Selain bertugas dalam bidang pos atau komunikasi, Kantor Pos Besar Surabaya juga ikut serta dalam peristiwa yang terjadi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yaitu melalui tahap menentukan topik, tahap pengumpulan sumber, verifikasi data atau kritik sumber, tahap interpretasi, dan yang terakhir adalah heuristik. Pengumpulan data dilakukan melalui studi kepustakaan dibeberapa perpustakaan. Penulis memfokuskan kepada data primer berupa arsip, majalah, dan koran yang terbit antara tahun 1926-1955, serta mendukung data tersebut dengan sumber pustaka. Penulis juga menggunakan wawancara untuk membantu menguatkan data-data tersebut Data-data tersebut kemudian di rangkai melalui metode sejarah, sehingga menjadi tulisan sejarah yang sesuai dengan kriteria penulisan sejarah. Penelitian ini menunjukkan bahwa Kantor Pos Besar Surabaya menjadi alat komunikasi terpenting di Surabaya khususnya sebelum dan sesudah kemerdekaan. Setiap terjadi perubahan pemerintahan di Indonesia mengakibatkan dinamika terhadap Kantor Pos Besar Surabaya. Perubahan tersebut membuat Kantor Pos Besar Surabaya menjadi lebih baik dalam melakukan pelayanan pos. Pada 1951-1955 terjadi peningkatan pesat terhadap pelayanan pos di Indonesia. Hal ini dikarenakan kemajuan pelayanan pos dan adanya peristiwa-peristiwa penting yang terjadi di Indonesia salah satunya adalah pemilu pertama.Maraknya penggunaan pos pada tahun 1955 membuat kegiatan surat-menyurat menjadi budaya di Surabaya. Akibat timbal balik dari pemerintah dan masyarakat membuat Kantor Pos Besar Surabaya semakin baik dalam pelayanan pos. Dengan realitas itu Kantor Pos Besar Surabaya tetap eksis dan berkembang hingga sekarang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS.Sej. 20/Yud k
Uncontrolled Keywords: HISTORY
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN50-995 By region or country
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsEmail
Deka Yudhiawantiarsa, 120810333UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorLa Ode Rabani.,, S.S., M Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 19 Dec 2013 12:00
Last Modified: 05 Jul 2017 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27345
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item