DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM ACARA INSERT INVESTIGASI DI TRANSTV

Amalia Hajiddah Sofia, 120110290 (2008) DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM ACARA INSERT INVESTIGASI DI TRANSTV. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sofiaamali-13488-fsbi03-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sofiaamali-11634-fsbi03-d.pdf
Restricted to Registered users only

Download (927kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul ”Diksi dan Gaya Bahasa dalam Acara Insert Investigasi di TransTV” bertujuan untuk mengetahui pemakaian diksi dan gaya bahasa yang digunakan oleh pembawa acara dalam menyampaikan beritanya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori diksi, terdiri dari makna kata konotasi, dan ungkapan. Dan teori gaya bahasa yang terdiri dari gaya berdasarkan struktur kalimat, gaya bahasa berdasarkan atas langsung tidaknya makna, gaya bahasa retoris, dan gaya bahasa kiasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu dengan melakukan pengamatan terhadap acara Insert Investigasi dengan pemaparan apa adanya tanpa memperhitungkan benar atau salah. Analisis data dilakukan terhadap pemakaian diksi dan gaya bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kajian diksi dikelompokkan ke dalam (1) kata yang bermakna konotasi, (2) pemakaian kata berbahasa Jawa, dan (3) pemakaian bentuk ungkapan. Adapun pemakaian gaya bahasa dikelompokkan dalam (1) pararelisme, (2) antitesis, (3) eufimisme, (4) pleonasme dan tautologi, (5) prolepsis atau antisipasi,(6) erotesis, (7) hiperbola, (8) simile, (9) metafora, (10) personifikasi, dan (11) alusi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat penggunaan bahasa yang khas dalam acara Insert Investigasi di TransTV. Hal ini terbukti dari pemakaian diksi dan gaya bahasa yang bervariasi, terutama penggunaan ungkapan dan gaya bahasa erotesis yang selalu ada dalam setiap penayangan, menjadikan tayangan tersebut menarik dan berbeda dari program infotainment lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 03/09 Sof d
Uncontrolled Keywords: GRAMMAR-INDONESIAN LANGUAGES
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
Amalia Hajiddah Sofia, 120110290UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Handayani, M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 06 Oct 2010 12:00
Last Modified: 23 Sep 2016 08:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27618
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item