PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU RELIGI KARYA AINUR ROFIK LIL FIRDAUS (OPICK)

Fitri Wulan Sari, 120410735 (2008) PENGGUNAAN DIKSI DAN GAYA BAHASA PADA LIRIK LAGU RELIGI KARYA AINUR ROFIK LIL FIRDAUS (OPICK). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-sarifitriw-13489-fsbi04-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-sarifitriw-11635-fsbi04-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Penggunaan Diksi dan Gaya Bahasa pada lirik Lagu Religi Karya Ainur Rafik Lil Fierdaus (Opick)” bertujuan mendeskripsikan beberapa diksi (pilihan kata) dan gaya bahasa dalam lirik lagu religi karya Opick, selain itu penelitian ini membahas bagaimana nilai-nilai keagamaan yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini terdapat pada album pertama yang berjudul Astagfirullah terdiri dari 10 lagu, album kedua berjudul Semesta Bertasbih terdiri dari 10 lagu, dan album ketiga berjudul Ya Rahman terdiri dari 12 lagu. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif atau menggambarkan diksi dan gaya bahasa yang terdapat pada lirik lagu religi karya Opick, serta memaparkan nilai-nilai keagamaan yang terdapat pada lirik lagu tersebut. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode simak bebas libat cakap. Dalam metode ini peneliti menyimak data kebahasaan dengan cara mendengarkan lagu religi karya Opick. Kemudian lagu yang didengarkan ditranskripkan sehingga menjadi bentuk teks dan dapat dijadikan data untuk penelitian. Langkah selanjutnya yakni menganalisis data, data yang telah didapatkan kemudian diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan teori yang dipaparkan pada BAB I.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 04/09 Sar p
Uncontrolled Keywords: GRAMMAR; SONGS LANGUAGES
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
Fitri Wulan Sari, 120410735UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Handayani, Dra.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 06 Oct 2010 12:00
Last Modified: 11 Oct 2016 11:14
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27619
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item