WACANA IKLAN KARTU TELEPON SELULAR PRABAYAR DITINJAU DARI ASPEK WACANA PERSUASIF DAN TEORI HIPEREALITAS

Safitri Andi Wahyuni, 120410744 (2008) WACANA IKLAN KARTU TELEPON SELULAR PRABAYAR DITINJAU DARI ASPEK WACANA PERSUASIF DAN TEORI HIPEREALITAS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2010-wahyunisaf-13493-fsbi09-k.pdf

Download (88kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2010-wahyunisaf-11639-fsbi09-w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Iklan Kartu Telepon Selular Prabayar Ditinjau dari Aspek Wacana Persuasif dan Teori Hiperealitas. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui wacana persuasif bahasa iklan yang digunakan dalam iklan kartu telepon selular; (2) Mengetahui wacana kebenaran ditinjau dari sudut pandang teori hiperealitas. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori wacana persuasif dan teori hiperealitas. Kajian penelitian ini bersifat kualitatif, peneliti di sini menggunakan data yang di ambil dari iklan kartu telepon selular dalam media cetak (brosur) serta pencarian dalam website // http: // www.google.co.id/. Iklan seputar promosi kartu telepon selular yang digunakan adalah dalam periode mulai bulan Januari hingga bulan Juni 2008. Yang meliputi kartu telepon selular prabayar berjenis GSM diantaranya : Simpati Telkomsel, IM3 Indosat, Mentari Indosat, XL) Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini berupa bahasa yang sifatnya seperti potret, paparan seperti apa adanya. Dalam hal ini iklan kartu telepon selular dianalisis berdasarkan aspek wacana persuasif dan teori hiperealitas. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam iklan kartu telepon selular terdapat realitas semu yang menyebabkan konsumen terjebak oleh penawaran promosi tarif murah yang ditawarkan dan unsur persuasif dalam iklan kartu telepon selular digunakan untuk tujuan guna menarik konsumen agar menggunakan produk yang ditawarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK_2 FS BI 09/09 Wah w
Uncontrolled Keywords: CONSUMER BEHAVIOR
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1990 Broadcasting
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
Safitri Andi Wahyuni, 120410744UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorM.Jalal, S.S.,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 06 Oct 2010 12:00
Last Modified: 11 Oct 2016 11:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27622
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item