PEMAKAIAN RAGAM BAHASA TABLOID GAUL DAN PENGARUHNYA TERHADAP BAHASA REMAJA

YOVITA MARIA KRISTINA, 120710190 (2011) PEMAKAIAN RAGAM BAHASA TABLOID GAUL DAN PENGARUHNYA TERHADAP BAHASA REMAJA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
index.html

Download (11kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-kristinayo-18530-fsbi41-p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul “Pemakaian Ragam Bahasa Tabloid Gaul dan Pengaruhnya terhadap Bahasa Remaja”. Penelitian ini selain bertujuan untuk melihat tentang ragam bahasa yang ada pada tabloid Gaul, tetapi juga meneliti pengaruhnya terhadap bahasa remaja usia 12-14 tahun. Data yang digunakan untuk penelitian ini adalah tabloid Gaul dalam beberapa edisi, dan percakapan dengan subyek peneltian.. Gambaran umum penelitian ini menjelaskan tentang ragam bahasa yang ada dalam tabloid Gaul, mulai dari penggunaan dialek Jakarta, penggunaan bahasa Inggris, penggunaan bahasa Jawa dalam segala aspek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yaitu, mendeskripsikan data secara akurat dan menjelaskan data dengan kalimat–kalimat penjelasan secara kualitatif. Hasil penelitian ini ditemukan menunjukkan ragam bahasa tabloid Gaul mendapat pengaruh penggunaan dialek Jakarta, dan berpengaruh terhadap penggunaan ragam lisan di kalangan remaja masa kini. Ragam bahasa yang digunakan remaja mendapat pengaruh dari ragam bahasa tulis di tabloid Gaul, hal ini terkait kebiasaan membaca remaja tanpa dapat memilah ragam bahasa. Remaja mempunyai kecenderungan menggabungkan beberapa bahasa dalam percakapan. Pengaruh penggunaan ragam bahasa remaja ini terlihat saat melakukan komunikasi dengan masyarakat, terutama teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kkb kk-2 fs bi 41/11 Kri p
Uncontrolled Keywords: LANGUAGE AND LANGUAGES -STYLE
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
YOVITA MARIA KRISTINA, 120710190UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDwi Handayani, Dra ,M.HumUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Jan 2012 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 04:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27765
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item