SISTEM TANDA PADA IKLAN PENYEDIA JASA KARTU TELEPON SELULER DI TELEVISI BAGI KONSUMEN KAJIAN SEMIOTIKA DAN PRAGMATIK

NOVIYANTI ISWAHYUNI, 120710162 (2011) SISTEM TANDA PADA IKLAN PENYEDIA JASA KARTU TELEPON SELULER DI TELEVISI BAGI KONSUMEN KAJIAN SEMIOTIKA DAN PRAGMATIK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (ABSTRAK)
index.html

Download (11kB)
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-iswahyunin-18541-fsbi47-s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://www.lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Sistem Tanda pada Iklan Penyedia Jasa Kartu Telepon Seluler di Televisi“ bertujuan untuk mengetahui makna-makna yang adadi balik sistem tanda yang ada pada iklan penyedia jasa kartu telepon selulerdengan menggunakan kajian Semiotika dan Pragmatik. Teori yang digunakanyaitu teori tanda, tindak tutur, dan teori tentang struktur iklan. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menyatakan bahwa iklan banyak terbentuk dari tandatandaverbal dan nonverbal. Selain itu sebagai media untuk memersuasif pemirsamaka iklan ditampilkan secara jelas dan rapi sesuai dengan struktur iklan yangada. Adapun struktur iklan yang pertama yaitu butir utama iklan (headline) yang bertujuan menarik perhatian pemirsa dengan penggunaan bahasa persuasifnya. Kedua, badan iklan (body) dengan menarik kesadaran dan minat pemirsa terhadap produk atau jasa yang ditawarkan. Ketiga, penutup (close) bertujuan untuk mengubaha perilaku pemirsa. Dalam hal ini pemirsa diharapkan melakukan suatu tindakan (action) sesuai dengan harapan pengiklan. Simpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa tanda pada iklan tersebutdisampaikan melalui sistem tanda verbal dan nonverbal. Iklan kartu teleponseluler memersuasif pemirsa dengan cara menawarkan berbagai promo paket murah khususnya pada tarif telepon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FS BI 47/ 11 Isw s
Uncontrolled Keywords: Pragmatics
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P101-410 Language. Linguistic theory. Comparative grammar
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsNIM
NOVIYANTI ISWAHYUNI, 120710162UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
UNSPECIFIEDMoch. Jalal, , S.S., M. HumUNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Jan 2012 12:00
Last Modified: 27 Sep 2016 06:49
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27770
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item