WACANA PERSUASI DALAM IKLAN AQUA

Fitri Windy Lestari, 120710004 (2011) WACANA PERSUASI DALAM IKLAN AQUA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2011-lestarifit-21695-fsbi53-k.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-lestarifit-18560-fsbi53-w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian yang berjudul “Wacana Persuasi dalam Iklan Aqua” bertujuan mendeskripsikan wacana persuasi dan tindak tutur yang ada dalam iklan Aqua. Adapun data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Aqua seri Sumber Air So Dekat, Aqua seri Program Lanjutan 1 Liter, Aqua seri Aqua Water, dan Aqua seri It’s In Me. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang semata-mata hanya berdasarkan fakta yang ada atau menggunakan wacana persuasi dalam iklan Aqua. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data, pemakaian metode simak, dan metode catat. Pengklasifikasian wacana persuasi dilakukan selain data verbal juga dari data efek suara (sound effect) dan efek gambar (visual effect). Pengklasifikasian tindak tutur dilakukan berdasarkan tindak tutur verbal. Tindak tutur verbal akan melihat bagaimana tuturan dari Vo atau suara dalam iklan, baik suara dari narator maupun model. Analisis verbal juga dilihat dari slogan atau tulisan dalam super imposed iklan. Simpulan dari penelitian ini bahwa iklan Aqua seri Sumber Air So Dekat, Aqua seri Program Lanjutan 1 Liter, Aqua seri Aqua Water, dan Aqua seri It’s In Me memiliki fungsi komunikatif yang terdiri dari fungsi asertif, direktif, ekspresif dan komisif, sedangkan fungsi komunikatif deklarasi tidak terdapat pada kelima iklan tersebut. Tidak semua fungsi komunikatif tersebut ada dalam setiap iklan. Pada iklan Aqua seri Sumber Air So Dekat, Aqua seri Program Lanjutan 1 Liter, Aqua seri Aqua Water, dan Aqua seri It’s In Me ini memengaruhi lebih banyak terlihat dari tuturan model atau figure yang dapat memengaruhi konsumen. Keempat iklan tersebut didukung juga dengan adanya super impossed, efek gambar (visual effect), dan efek suara (sound effect).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FS BI 53 11 Les w
Uncontrolled Keywords: PRAGMATICS
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Indonesia
Creators:
CreatorsEmail
Fitri Windy Lestari, 120710004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorBea Anggraini, , S.S., M. Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Yuliana Ariandini Ayuningtyas
Date Deposited: 25 Jan 2012 12:00
Last Modified: 26 Sep 2016 06:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27776
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item