RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE DE NOVO PROGAMMING (STUDI KASUS PT. DHARMA SATYA NUSANTARA GROUP SURABAYA)

SHITTA DEWI PUSPITASARI, 081016059 (2015) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN OPTIMASI JUMLAH PRODUKSI MENGGUNAKAN METODE DE NOVO PROGAMMING (STUDI KASUS PT. DHARMA SATYA NUSANTARA GROUP SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (253kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam melakukan perencanaan produksi, PT. Dharma Satya Nusantara Group Surabaya hanya berpedoman dengan berusaha untuk dapat memenuhi permintaan pasar dengan baik. Hal ini dirasa masih belum optimal karena dalam proses produksi selalu terdapat sisa bahan baku yang banyak dan penggunaan peralatan produksi yang kurang maksimal sehingga menyebabkan bertambahnya biaya produksi dan mengurangi keuntungan bagi perusahaan. Pada penelitian ini, suatu sistem pendukung keputusan optimasi jumlah produksi dirancang dan dibangun menggunakan metode De Novo Programming yang bertujuan untuk membantu manajer mengambil keputusan dalam mengoptimalisasikan jumlah produksi daun pintu di PT. Dharma Satya. Rancang bangun sistem pendukung keputusan optimasi jumlah produksi ini dilakukan melalui lima tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk memperoleh faktor-faktor yang mempengaruhi proses produksi. Tahap kedua adalah hasil pengolahan data akan digunakan sebagai acuan untuk membuat sistem pendukung keputusan optimasi jumlah produksi. Tahap ketiga adalah penyelesaian masalah dengan metode De Novo Programming yaitu melalui tabulasi data, formulasi dan penghitungan model De Novo Programming. Tahap keempat adalah perancangam sistem. Perancangan sistem menggunakan sisflow untuk menggambarkan aliran proses pengambilan keputusan optimasi jumlah produksi. Tahap kelima adalah implementasi dan evaluasi sistem. Hasil penelitian berupa sistem pendukung keputusan optimasi jumlah produksi dengan menerapkan de novo programming yang terdiri dari implementasi antarmuka sistem yaitu input utama untuk setiap tujuan, 3 proses, dan output. Dari hasil evaluasi sistem, diperoleh keuntungan dari perhitungan sistem sebesar $39.114 lebih banyak dibandingan keuntungan yang diperoleh perusahaan sebesar $35.267 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil optimasi produksi menggunakan sistem menghasilkan nilai produksi yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.12/15 Pus r
Uncontrolled Keywords: decision support system, optimization of production quantity
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75.5-76.95 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76.75-76.765 Computer software
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
SHITTA DEWI PUSPITASARI, 081016059UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEto Wuryanto,, Drs. , DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 04 Mar 2015 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 07:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27925
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item