RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENGOPTIMALAN BIAYA TRANSPORTASI BAGASSE ANTARA PABRIK GULA DAN PABRIK KERTAS DI JAWA TIMUR DENGAN METODE STEPPING STONE

RIZQY GALAN PRADIPTA, 081016066 (2015) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN UNTUK PENGOPTIMALAN BIAYA TRANSPORTASI BAGASSE ANTARA PABRIK GULA DAN PABRIK KERTAS DI JAWA TIMUR DENGAN METODE STEPPING STONE. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (full text)
FULLTEXT(25).pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini, sistem pendukung keputusan untuk mengoptimalkan biaya transportasi bagasse dari pabrik gula menuju pabrik kertas di Jawa Timur dirancang dan dibangun dengan menggunakan metode Stepping Stone yang bertujuan untuk membantu dalam membuat suatu keputusan untuk menentukan alur pendistribusian muatan bagasse dari masing-masing pabrik gula menuju masing-masing pabrik kertas dengan acuan biaya transportasi yang paling minimum. Rancang bangun sistem pendukung keputusan untuk mengoptimalkan biaya transportasi bagasse dengan metode Stepping Stone melalui beberapa tahap. Tahap yang pertama adalah pengumpulan data untuk memberikan suatu inputan. Tahap selanjutnya adalah pengolahan data, karena data yang diperoleh masih berupa data mentah, sehingga perlu diolah menjadi data yang dibutuhkan oleh sistem. Tahap ketiga adalah penyelesain masalah menggunakan metode Stepping Stone. Tahap terakhir adalah perancangan sistem menggunakan Contextual Data Model (CDM), Phisical Data Model (PDM), dan flow chart diagram serta pembangunan sistem berbasis desktop menggunakan bahasa pemrograman java. Hasil penelitian berupa sistem pendukung keputusan untuk mengoptimalkan biaya transportasi bagasse yang terdiri dari antarmuka sistem sebanyak 11 halaman. Berdasarkan perhitungan sistem diperoleh dari 28 pabrik gula yang berada di Jawa Timur terdapat 24 pabrik gula yang terlibat distribusi, 2 pabrik gula memiliki sisa muatan dan 4 pabrik gula sama sekali tidak terlibat dalam pendistribusian bagasse, serta hasil perhitungan total biaya transportasi yang harus dikeluarkan sebesar Rp 69.588.984.243,534 selama periode 1 tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.16/15 Pra r
Uncontrolled Keywords: Decision Supporting System, Linier Programming
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75.5-76.95 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76.75-76.765 Computer software
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
RIZQY GALAN PRADIPTA, 081016066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPurbandini,, S.Si., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 04 Mar 2015 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27929
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item