HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY DENGAN MULTIPLE ONLOOKER (MO-ABC) DAN ALGORITMA HILL- CLIMBING (HC) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP)

SATYA ADIATMA, 081012049 (2015) HYBRID ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY DENGAN MULTIPLE ONLOOKER (MO-ABC) DAN ALGORITMA HILL- CLIMBING (HC) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (164kB) | Preview
[img] Text (full text)
FULLTEXT(26) 1.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Vehicle Routing Problem (TSP) adalah suatu permasalahan dalam menentukan rute yang optimal dari sejumlah rute perjalanan kendaraan yang dimulai dan diakhiri dari depot dan kota-kota tersebut hanya boleh dilewati tepat satu kali. Oleh karena itu, tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menyelesaikan Vehicle Routing Problem dengan hybrid algoritma Artificial Bee Colony dengan Multiple Onlooker (MO-ABC) dan algoritma Hill Climbing (HC). Algoritma MO-ABC merupakan modifikasi dari algoritma ABC. Algoritma MO-ABC adalah salah satu metode heuristic yang diinspirasikan dengan kehidupan sebuah koloni lebah pada saat mereka mencari sumber makanan, dimana Onlooker bee akan pergi ke lebih dari satu tempat persekitaran sumber makanan untuk mendapatkan sumber makanan baru. Algoritma HC merupakan algoritma yang digunakan untuk memodifikasi sebuah solusi untuk terus bergerak menuju ke arah meningkatkan nilai. Hybrid algoritma MOABC-HC adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara memasukan proses algoritma HC ke proses algoritma MO-ABC. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan solusi awal, menghitung nilai fungsi tujuan, pencarian neighbourhood dari solusinya dan menghitung nilai fungsi tujuan, seleksi roulette wheel, pencarian solusi baru dengan neighbourhood dari solusinya untuk multiple onlooker, menghitung nilai fungsi tujuan, pemilihan solusi untuk algoritma HC, melakukan proses algoritma HC terhadap solusi yang sudah dipilih dengan modifikasi HC, mengingat solusi terbaik, mencari solusi yang habis, dan proses berlanjut sampai maksimal iterasi. Data yang digunakan adalah data 9 kota di dan data 199 kota diselesaikan dengan bahasa pemrograman Java Netbeans IDE 7.2. Fungsi tujuan (jarak) minimum terbaik berdasarkan dari hybrid algoritma MOABC-HC didapatkan untuk data 9 kota sebesar 687 km, sedangkan untuk data 199 kota di Pulau Jawa diperoleh jarak minimum sebesar 5013 km.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.13/15 Adi h
Uncontrolled Keywords: Hybrid Artificial Bee Colony Algorithm
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA150-272.5 Algebra
Q Science > QA Mathematics > QA184-205 Linear and Multilinear Algebra, Matrices
Creators:
CreatorsEmail
SATYA ADIATMA, 081012049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerry Suprajitno, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 06 Mar 2015 12:00
Last Modified: 19 Jun 2017 18:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27932
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item