PENERAPAN FIREFLY ALGORITHM (FA) UNTUK MENYELESAIKAN MULTI � DEPOT VEHICLE ROUTING PROBLEM (MDVRP)

RATNA SEPTIANA, 081112001 (2015) PENERAPAN FIREFLY ALGORITHM (FA) UNTUK MENYELESAIKAN MULTI � DEPOT VEHICLE ROUTING PROBLEM (MDVRP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (157kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah Multi-Depot Vehicle Routing Problem dengan menggunakan Firefly Algorithm. Multi-Depot Vehicle Routing (MDVRP) adalah suatu permasalahan dalam pembentukan rute untuk kendaraan yang digunakan melayani pelanggan yang berbasis pada suatu depot tertentu. Tujuan dari permasalahan ini adalah mendesain rute yang dapat meminimumkan jarak tempuh kendaraan untuk melayani pelanggan tanpa melanggar kendala kapasitas kendaraan dan kapasitas depot. Terdapat tiga tahapan dalam penyelesaian MDVRP yaitu, grouping, routing, dan scheduling Pada tahap grouping, pelanggan dikelompokkan tepat ke satu depot terdekat. Pada Tahap routing, pelanggan pada masing-masing depot dibentuk kedalam rute pengiriman barang. Kemudian pada tahap scheduling, Tahap ini dimulai dari pelanggan pertama, urutan pengiriman dipilih sedemikian rupa sehingga pelanggan berikutnya sedekat mungkin dengan pelanggan sebelumnya, dengan kata lain melakukan penjadwalan rute berdasarkan total jarak yang paling minimum. Firefly Algorithm (FA) adalah salah satu algoritma metaheuristik yang diadaptasi dari cara berkedipnya kunang-kunang. Dalam FA, ada dua hal yang penting yakni variasi intensitas cahaya dan perumusan attractiveness. Semakin terang intensitas cahaya suatu kunang-kunang, berarti total jarak tempuh akan semakin minimum, dengan demikian urutan pelanggan pada posisi kunang-kunang tersebut merupakan solusi yang terbaik. Program dibuat dalam bahasa pemrograman Java untuk menerapkan FA dalam menyelesaikan MDVRP yang diimplementasikan pada 3 contoh kasus yaitu P01, P03, dan P04, dengan total jarak tempuh 614.404 km untuk P01, 701.66 km untuk P03 dan 1976.45 km untuk P04. Hasil yang diperoleh dari output program menunjukkan bahwa semakin banyak iterasi dan semakin banyak posisi firefly yang dibangkitkan, maka penyelesaian MDVRP cenderung lebih baik yakni dengan total jarak tempuh yang lebih minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.26/15 Sep p
Uncontrolled Keywords: Firefly Algorithm (FA), Multi-Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP), Heuristic Algorithm
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA1-939 Mathematics
Q Science > QA Mathematics > QA150-272.5 Algebra
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
RATNA SEPTIANA, 081112001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorHerry Suprajitno,, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 09 Mar 2015 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 03:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27945
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item