PENERAPAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK PREDIKSI KETEPATAN WAKTU LULUS MAHASISWA (STUDI KASUS DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA)

M. A DANANG ADI SAPUTRA, 081016015 (2015) PENERAPAN NAIVE BAYES CLASSIFIER UNTUK PREDIKSI KETEPATAN WAKTU LULUS MAHASISWA (STUDI KASUS DI FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (158kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menerapkan metode Naïve Bayes Classifier untuk memprediksi ketepatan waktu lulus mahasiswa di Fakultas Sains dan Teknologi yang bertujuan membantu proses evaluasi akademik dari mahasiswa yang sedang menempuh studi untuk memenuhi standar mutu yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dan pengambilan langkah preventif maupun represif terhadap mahasiswa. Penerapan metode Naïve Bayes Classifier untuk memprediksi ketepatan waktu lulus mahasiswa melalui beberapa tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data sebagai classifier program. Tahap selanjutnya adalah pengolahan data, mulai dari data preprocessing dengan membersihkan data outlier dan data yang tidak valid yang menghasilkan data sejumlah 7.924 record, pengelompokan atribut data, penghitungan korelasi data untuk menemukan kelompok atribut yang independen, dan pembagian data menjadi data training sebanyak 70% dan data testing 30% dari total data. Tahap terakhir adalah perancangan sistem menggunakan sysflow serta pembangunan sistem berbasis desktop dan pengujian sistem. Hasil penelitian berupa sistem yang memprediksi data mahasiswa melalui proses Naïve Bayes Classifier menggunakan 3518 data testing berdasarkan classifier yang didapat dari data training. Hasil akurasi didapat dari penghitungan confusion matrix sebesar 65.64 % . Hasil akurasi rendah disebabkan oleh beberapa atribut memiliki nilai probabilitas sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.20/15 Sap p
Uncontrolled Keywords: Application of Naïve Bayes Classifier Method, Classification, Data Mining, Prediction of Student�s Punctuality
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75.5-76.95 Electronic computers. Computer science
Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
M. A DANANG ADI SAPUTRA, 081016015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEndah Purwanti,, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 06 Apr 2015 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 09:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27967
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item