RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI HOTEL DI KOTA SURABAYA MENGGUNAKAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

FRESHTANTO SANDI NORMAWAN, 080916071 (2015) RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI APLIKASI MOBILE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN REKOMENDASI HOTEL DI KOTA SURABAYA MENGGUNAKAN METODE FUZZY INFERENCE SYSTEM BERBASIS SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini akan dibuat suatu sistem pendukung keputusan rekomendasi hotel berbasis sistem informasi geografis untuk memudahkan user untuk memilih hotel. Sistem ini dirancang menggunakan logika fuzzy yang bertujuan untuk membantu user dalam mengambil keputusan. Rancang bangun sistem pendukung keputusan rekomendasi hotel ini dilakukan melalui empat tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data dan sebagai faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan beserta batasan nilai tersebut. Faktor-faktor yang mempengaruhi meliputi jarak rata-rata lokasi kepentingan terhadap hotel, harga kamar termurah hotel dan nilai ulasan hotel. Tahap kedua adalah pengolahan data dan informasi dengan membuat fungsi keanggotaan. Tahap ketiga adalah analisis sstem dengan logika fuzzy. Langkah-langkah yang dilakukan dalam analisis sistem, yaitu fuzzifikasi, inferensi menggunakan Mamdani dan defuzzifikasi. Tahap keempat adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan use case diagram dan activity diagram untuk menggambarkan setiap proses yang terjadi. Pembangunan sistem meliputi implementasi sistem, pengujian sistem dan evaluasi sistem. Proses pengujian sistem ini menggunakan white box testing, sehingga dapat diketahui struktur fungsional sistem sudah berjalan dengan benar. Proses evaluasi sistem ini menggunakan black box testing dengan pemberian kuesioner, sehingga diperoleh kesimpulan bahwa sebesar 70 persen dari 20 responden menyatakan bahwa fitur-fitur di dalam aplikasi telah berjalan dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.21/15 Nor r
Uncontrolled Keywords: decision support system, hotel, fuzzy logic, mamdani
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75.5-76.95 Electronic computers. Computer science
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
FRESHTANTO SANDI NORMAWAN, 080916071UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPurbandini,, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 06 Apr 2015 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 09:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/27968
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item