EFEK VARIASI KONSENTRASI KOLAGEN TERHADAP KARAKTERISTIK BIOKOMPOSIT SELULOSA BAKTERI-KOLAGEN SEBAGAI KANDIDAT DURAMATER ARTIFISIAL

ADANTI WIDO PARAMADINI, 081117026 (2015) EFEK VARIASI KONSENTRASI KOLAGEN TERHADAP KARAKTERISTIK BIOKOMPOSIT SELULOSA BAKTERI-KOLAGEN SEBAGAI KANDIDAT DURAMATER ARTIFISIAL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-paramadini-39489-5.abstr-k.pdf

Download (263kB) | Preview
[img] Text (full text)
ST.T.%2024-15%20Par%20e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kecelakaan lalu lintas menyebabkan 60% kematian yang dimulai dengan terjadinya cedera kepala. Dalam bidang neurosurgery cedera kepala dekat kaitannya dengan defek pada lapisan terluar pada otak atau duramater. Reparasi bedah yang dilakukan untuk berbagai kasus defek dura yaitu berupa operasi pemasangan duramater artifisial. Penelitian ini dilakukan untuk mensintesis duramater artifisial dari selulosa bakteri yang dikompositkan dengan kolagen sehingga ditemukan komposisi yang tepat dari segi kekuatan mekanik, struktur pori dan ketebalan serta toksisitas. Selulosa bakteri disintesis dengan cara melakukan pembiakan bakteri Acetobacter xylinum ke dalam media air kelapa yang kemudian dikeringkan dengan menggunakan oven 60oC. Metode yang digunakan dalam pembentukan komposit adalah metode imersi pelikel selulosa bakteri ke dalam konsentrasi larutan kolagen yang berbeda-beda sebesar 0,4% m/v, 0,5% m/v, 0,6% m/v dan 0,7% m/v. Setelah dilakukan imersi, sampel biokomposit selulosa bakteri-kolagen akan dikeringkan dengan suhu kamar dalam inkubator. Sampel selanjutnya dikarakterisasi menggunakan FTIR dan dilakukan uji tarik dengan menggunakan tensile tester, uji morfologi dengan menggunakan Scanning Electron Microscope (SEM), uji sitotoksisitas (MTT Assay) dan uji swelling. Dari hasil analisa didapatkan sampel terbaik pada sampel A (selulosa bakteri-kolagen 0,4% m/v) dengan elongasi sebesar 8%, ketebalan hasil rata-rata pengukur digital sebesar 185 μm dan pengukuran dengan Scanning Electron Microscope 215,6 μm. Sementara untuk pori didapatkan ukuran diameter sebesar 1,5μm – 4,5μm yang memenuhi nilai standar sebagai duramater artifisial. Berdasarkan hasil karakterisasi dalam penelitian ini, menunjukkan bahwa biokomposit selulosa bakteri-kolagen memiliki potensi yang besar untuk digunakan sebagai duramater artifisial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. T. 24/15 Par e
Uncontrolled Keywords: COLLAGEN; BACTERIA CELLULOSE; ARTIFICIAL DURAMETER
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsEmail
ADANTI WIDO PARAMADINI, 081117026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorPrihartini Widiyanti, Dr. , drg., M.Kes.UNSPECIFIED
ContributorDjoni Izak Rudyardjo, Drs. , M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Dec 2015 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 19:29
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28170
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item