EVALUASI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN WEBSITE E-LEARNING AULA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT)

DEDEK PUTRI LESTARI, 081116033 (2015) EVALUASI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN WEBSITE E-LEARNING AULA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-lestarided-39743-7.abstr-k.pdf

Download (222kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
ST. SI. 45-15 Les e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Airlangga University E-Learning Application (AULA) adalah sebuah Learning Management System berbasis web yang dikembangkan oleh Universitas Airlangga sebagai metode pembelajaran alternatif yang mendukung pembelajaran konvensional. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerimaan dan penggunaan website e-learning AULA dengan menggunakan model The Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini adalah penelitian survey dengan rancangan cross-sectional. Satu set kuesioner yang diadaptasi dari model UTAUT disebarkan secara langsung kepada 100 mahasiswa program sarjana di Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga. Data kuesioner dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan tools SmartPLS. Proses analisis PLS-SEM diawali dengan evaluasi model pengukuran. Selanjutnya dilakukan evaluasi model struktural. Hasil analisa PLS-SEM kemudian diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi model pengukuran telah valid, reliabel, dan dapat diterima secara substansial berdasarkan hasil pengujian data. Selanjutnya hasil evaluasi model struktural yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan elearning AULA antara lain ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan pengaruh sosial. Minat pemanfaatan dan kondisi pemfasilitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan e-learning AULA. Karakteristik pengguna (jenis kelamin, usia, pengalaman dan kesukarelaan) sebagian besar tidak terbukti berperan sebagai moderator. Akurasi prediksi model UTAUT dalam menjelaskan minat pemanfaatan e-learning AULA tergolong moderat yaitu sebesar 48,8%, sedangkan akurasi prediksi model UTAUT dalam menjelaskan perilaku penggunaan e-learning AULA juga tergolong moderat yaitu sebesar 54,8%. Hasil evaluasi penerimaan dan penggunaan e-learning AULA yang diperoleh bisa memberikan rekomendasi kebutuhan yang harus diperhatikan dan menjadi hal yang bisa dikembangkan untuk penelitian lebih lanjut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. SI. 45/15 Les e
Uncontrolled Keywords: WEBSITES; E-LEARNING AULA; ATAUT MODEL; PARTIAL LEAST SQUARE-STRUCTURAL EQUATION MODELLING
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
DEDEK PUTRI LESTARI, 081116033UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorEto Wuryanto, Drs. , DEAUNSPECIFIED
ContributorPurbandini, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 29 Dec 2015 12:00
Last Modified: 09 Sep 2016 08:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28179
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item