RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN MENU MAKANAN BERDASARKAN KEBUTUHAN ENERGI BERBASIS ANDROID DENGAN METODE PENGEMBANGAN EXTREME PROGRAMMING

GUNAWAN ASCHARI, 080916013 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PERENCANAAN MENU MAKANAN BERDASARKAN KEBUTUHAN ENERGI BERBASIS ANDROID DENGAN METODE PENGEMBANGAN EXTREME PROGRAMMING. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-ascharigun-34310-7.-abstr-k.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (full text)
10-14 Asc r.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pola makan yang kurang baik mulai menjadi kebiasaan banyak orang saat ini. Salah satu akibat yang ditimbulkan adalah obesitas. Penelitian yang telah dilakukan untuk menangani masalah tersebut berupa sistem informasi untuk mengetahui keseimbangan energi yang dijalankan dengan menggunakan mobile phone. Penelitian tersebut dapat dikembangkan menjadi sistem informasi untuk membuat rencana menu makanan yang dapat dijalankan dengan menggunakan smartphone Android. Sistem ini dikembangkan dengan menggunakan metode pengembangan yang dinamakan XP (Extreme Programming). Kelebihan yang dimiliki XP adalah kemudahan dalam mengatasi requirement yang tidak jelas melalui pembuatan user stories dan banyaknya interaksi antara tim pengembang dengan calon pengguna sehingga calon pengguna mengetahui kemajuan selama proses pengembangan sistem. XP memiliki 4 fase dalam proses pengembangan, yaitu eksplorasi, perencanaan, iterasi, dan produksi. Fase eksplorasi adalah fase pertama untuk mendapatkan spesifikasi kebutuhan melalui studi literatur, wawancara, pembuatan user stories, kuesioner, dan penentuan tingkat estimasi. Kemudian fase perencanaan yang meliputi penentuan skala prioritas, rencana iterasi, rencana rilis dan versioning, rencana pengujian, dan rencana produksi. Fase iterasi dilakukan berdasarkan fase perencanaan yang terdiri dari desain sistem, pembuatan kode program, dan pengujian. Fase terakhir adalah fase produksi dengan cara menjalankan sistem yang siap untuk di-install berdasarkan fase perencanaan. Berdasarkan hasil review yang telah dilakukan oleh 14 pengguna smartphone, rata-rata rating mencapai 4,57 dari skala maksimal 5. Evaluasi dari pengembangan XP adalah proses pengembangan yang mengutamakan manajemen hubungan antara sesama tim pengembang yang selalu terlibat mulai dari persiapan hingga akhir pengerjaan proyek dan calon pengguna dapat mengetahui progres yang terjadi selama pembuatan sistem tanpa harus menunggu hingga akhir proses pengembangan yang disertai pengujian yang melibatkan langsung kepada calon pengguna.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 10/14 Asc r
Uncontrolled Keywords: SMARTPHONE
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.7-58.8 Production capacity. Manufacturing capacity
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
GUNAWAN ASCHARI, 080916013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana,, S.Kom, M.TUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Apr 2014 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 22:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28199
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item