SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI NAMA ILMIAH TANAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA PHONIX DENGAN PERANAN METODE N-GRAM SUBSTITUTION DAN CODE SHIFT

ERIK SUSILO, 080916038 (2014) SISTEM TEMU KEMBALI INFORMASI NAMA ILMIAH TANAMAN MENGGUNAKAN ALGORITMA PHONIX DENGAN PERANAN METODE N-GRAM SUBSTITUTION DAN CODE SHIFT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 12-14 Sus s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-susiloerik-34315-7.-abstr-k.pdf

Download (175kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nama adalah salah satu faktor penting dalam sistem temu kembali informasi, karena digunakan sebagai kata kunci pada pencarian. Dalam melakukan pencarian, nama yang digunakan sebagai kunci terkadang terjadi kesalahan pengejaan. Sehingga nama yang dicari tidak dapat ditemukan dalam pencarian. Beberapa pendekatan telah dikembangkan untuk memecahkan masalah tersebut, salah satunya adalah dengan algoritma berdasarkan fonetik. Algoritma Phonix adalah algoritma yang diciptakan berdasarkan kesamaan fonetik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur kinerja N-Gram Subtitution dan Code Shift dalam upaya meningkatkan Recall dan Precision pada algoritma Phonix. Sistem temu kembali informasi nama ilmiah tanaman ini dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data dan informasi berupa nama ilmiah tanaman anggrek. Tahap kedua adalah analisis sistem yang meliputi, proses penyeragaman menggunakan metode N-Gram Subtitution, algoritma Phonix, proses Code Shift, serta proses pencocokan menggunakan Dice Coefficient. Tahap ketiga adalah perancangan dan pembangunan sistem yang meliputi uji coba sistem serta evaluasi sistem. Dalam uji coba dan evaluasi sistem, dibandingkan antara algoritma Phonix dengan menggunakan metode N-Gram Subtitution dan Code Shift, algoritma Fuzzy Soundex, dan algoritma Phonix tanpa metode N-Gram Subtitution dan Code Shift. Berdasarkan uji coba, algoritma Phonix dengan menggunakan metode NGram Subtitution dan Code Shift menghasilkan nilai Recall sebesar 0.9, Precision sebesar 0.5, dan F-Measure sebesar 0.57 pada Threshold 70%. Hasil tersebut lebih baik dari algoritma Phonix yang tanpa menggunakan metode N-Gram Subtitution dan Code Shift maupun Fuzzy Soundex pada Threshold yang sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 12/14 Sus s
Uncontrolled Keywords: INFORMATION RETRIVAl
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
ERIK SUSILO, 080916038UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom, M.CsUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Apr 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 07:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28201
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item