RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN LOKASI CABANG TOKO BARU MENGGUNAKAN METODE FUZZY TOPSIS (STUDI KASUS: PT. STARS INTERNASIONAL)

NURUL WAHYUNI, 080916004 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM MENENTUKAN LOKASI CABANG TOKO BARU MENGGUNAKAN METODE FUZZY TOPSIS (STUDI KASUS: PT. STARS INTERNASIONAL). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-wahyuninur-34318-7.-abstr-k.pdf

Download (331kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 13-14 Wah r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Stars Internasional adalah perusahaan yang bergerak pada usaha retail alas kaki. Sebagai perusahaan yang telah memiliki banyak toko cabang yang tersebar di Indonesia, maka untuk dapat terus mengembangkan usahanya, PT. Stars Internasional memerlukan lokasi yang tepat untuk dijadikan cabang toko baru. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pendukung keputusan menggunakan metode fuzzy TOPSIS dalam menentukan lokasi cabang toko baru untuk PT. Stars Internasional. Sistem pendukung keputusan yang dibangun melalui 4 tahap, yaitu tahap pertama terdiri dari pengumpulan data dan informasi melalui wawancara, dan kuisioner. Tahap kedua adalah tahap pengolahan data dan informasi dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran sistem yang akan dibangun. Tahap ketiga adalah analisis sistem dengan metode fuzzy TOPSIS. Langkah – langkah dalam analisis sistem, yaitu. Menentukan nilai kriteria dan alternatif, menghitung aggregated fuzzy rating untuk kriteria dan alternatif, menghitung matriks keputusan,menghitung matriks keputusan ternormalisasi, menghitung matriks ternormalisasi dan terbobot, menghitung FPIS dan FNIS , menghitung jarak antara alternative dengan FPIS dan FNIS, menghitung nilai closeness coefficient dan melakukan perangkingan Tahap keempat adalah perancangan dan pembangunan sistem. Perancangan sistem menggunakan flowchart untuk menggambarkan aliran proses pada system, serta perancangan input / output untuk menggambarkan desain user interface dari sistem yang dibangun. Sedangkan pembangunan sistem terdiri dari implementasi dan evaluasi sistem yang dibangun. Berdasarkan hasil evaluasi keakuratan sistem, dapat disimpulkan, bahwa 2 dari 3 orang panelis mempunyai pendapat yang sama dengan output yang dihasilkan oleh sistem dalam perangkingan lokasi alternatif yang dipertimbangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 13/14 Wah r
Uncontrolled Keywords: DESIGN AND DEVELOPMENT
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
NURUL WAHYUNI, 080916004UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono,, Drs., M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Apr 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 07:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28202
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item