RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DALAM MENENTUKAN DIAGNOSA BESERTA TINDAKAN MEDIS AWAL DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN METODE FUZZY LOGIC

BAYU YULIANTI, 080916066 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM PAKAR DALAM MENENTUKAN DIAGNOSA BESERTA TINDAKAN MEDIS AWAL DEMAM BERDARAH DENGUE DENGAN METODE FUZZY LOGIC. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-yuliantiba-34320-7.-abstr-k.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.SI 14-14 Yul r.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah membuat rancang bangun sistem pakar dengan metode fuzzy logic dalam menentukan diagnosa beserta tindakan medis awal demam berdarah dengue. Tahapan dalam pengembangan sistem (system development) meliputi pengumpulan, pengolahan data dan informasi, analisis logika fuzzy dan sistem pakar, perancangan sistem, implementasi sistem dan evaluasi sistem. Variabel yang digunakan dalam penentuan diagnosa adalah berupa 5 gejala spesifik DBD yaitu suhu tubuh, uji tourniquet, trombosit, hematokrit dan denyut nadi kemudian ke-lima variabel tersebut akan dianalisis dengan 3 tahapan fuzzy yaitu fuzzyfikasi, inferensi dan defuzzyfikasi. Output sistem yang dihasilkan berupa diagnosa DBD yaitu bukan DBD, tersangka, DBD I, DBD II dan DBD III . Implementasi sistem pakar ini dioperasionalkan di smartphone berbasis android. Untuk mengetahui prosentase kevalidan sistem dilakukan evaluasi sistem dengan cara membandingkan diagnosa pakar (dokter) dengan diagnosa sistem terhadap 30 data rekam medis pasien. Dari uji banding tersebut didapatkan 3 data yang salah dan 27 data yang benar. Dengan demikian didapatkan prosentase kevalidan sistem sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK-2 ST.SI 14/14 Yul r
Uncontrolled Keywords: SMARTPHONE
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T173.2-174.5 Technological change
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
BAYU YULIANTI, 080916066UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom, M.CsUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 15 Apr 2014 12:00
Last Modified: 01 Sep 2016 07:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28203
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item