PENGARUH JARAK KANDANG TERNAK UNGGAS TERHADAP TOTAL BAKTERI PADA AIR TANAH DANGKAL DI DUSUN SONGOL, DESA TARIK, KECAMATAN TARIK, KABUPATEN SIDOARJO

DENIS MEITA DWI SAVITRI, 081011041 (2015) PENGARUH JARAK KANDANG TERNAK UNGGAS TERHADAP TOTAL BAKTERI PADA AIR TANAH DANGKAL DI DUSUN SONGOL, DESA TARIK, KECAMATAN TARIK, KABUPATEN SIDOARJO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-savitriden-38374-5.-abstr-k.pdf

Download (154kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
ST.TL 15-14 Sav p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air tanah dangkal dari segi bakteriologis di Dusun Songol yang dipengaruhi oleh variasi jarak sumur gali terhadap kandang ternak unggas sebagai sumber pencemar. Subjek dalam penelitian ini, yaitu satu kandang ternak unggas (ayam), empat sumur gali, serta satu sumur gali yang jauh dari berbagai sumber pencemar sebagai kontrol. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah air tanah dangkal pada sumur gali. Parameter dalam penelitian ini adalah total bakteri. Total bakteri dianalisis dengan menggunakan metode Total Plate Count (TPC). Penelitian dilakukan dengan pengambilan sampel serentak pada hari yang sama dan kondisi yang sama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi yang diperoleh dari pengaruh jarak kandang ternak unggas terhadap total bakteri pada air tanah dangkal adalah y = -39843x + 68285. Nilai negatif pada variabel x yang berarti bahwa semakin jauh jarak kandang ternak unggas dengan sumur gali, maka total bakteri pada air tanah dangkal semakin sedikit. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,743. Hal ini menunjukkan bahwa total bakteri pada air tanah dangkal dipengaruhi oleh jarak kandang ternak unggas sebesar 74,3%, sedangkan sebesar 25,7% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.TL 15/14 Sav p
Uncontrolled Keywords: LIVESTOCK AND POULTRY
Subjects: Q Science > QR Microbiology > QR75-99.5 Bacteria
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsEmail
DENIS MEITA DWI SAVITRI, 081011041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorAGOES SOEGIANTO, Prof. Dr. Ir., DEAUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 14 Jan 2015 12:00
Last Modified: 14 Sep 2016 03:45
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28278
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item