HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DAN CAT SWARM OPTIMIZATION (CSO) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP)

ARIEF BUDIMAN, 081012115 (2015) HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DAN CAT SWARM OPTIMIZATION (CSO) UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM (VRP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-budimanari-41572-5.-abstr-k.pdf

Download (22kB) | Preview
[img] Text (full text)
64-15 Bud h.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang terjadi di zaman yang semakin canggih saat ini mempengaruhi pertumbuhan di bidang industri dan juga memicu persaingan perusahaan yang semakin berat. Dalam bidang industri, pendistribusian menjadi permasalahan utama. Distributor menggunakan kendaraan untuk melayani permintaan konsumen yang berbeda tempat. Setiap kendaraan dalam proses distribusi mempunyai rute kendaraan untuk melayani permintaan konsumen. Penentuan rute dengan mempertimbangkan kapasitas kendaraan pengangkut dan jarak tempuh maksimum dari kendaraan disebut juga Vehicle Routing Problem (VRP). Untuk menyelesaikan VRP, penulis menggunakan metode hybrid Firefly Algorithm(FA) dan Cat Swarm Optimization (CSO).FAterinspirasi dari perilaku kunang-kunang sedangkan CSOterinspirasi dari perilaku kucing .Hybrid FA dan CSO adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara melakukan proses FA terlebih dahulu kemudian melakukan proses CSO.Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan populasi awal firefly, menghitung fungsi tujuan, menghitungintensitas cahaya,membandingkan intensitas cahaya tiap firefly, update solusi baru, menentukanG-best, dan proses berlanjut pada proses pemilihan solusi untuk CSO. Pada proses CSO solusi awal diperoleh dari hasil FA, kemudian dilanjutkan dengan pembangkitan velocity awal, pemilihan kucing masuk dalam mode tracing atau mode seeking, menggabungkan solusi dari mode tracingdan mode seeking,update solusi baru, menentukan G-best, proses berlanjut sampai maksimal iterasi dipenuhi. Fungsi tujuan dalam penulisan ini adalah meminimumkan jarak dari rute perjalanan yang akan dilalui. Data yang digunakan adalah data kecil berisi 13 pelanggan, data sedang berisi 27 pelanggan dan data besar berisi 199 pelanggan serta diselesaikan dengan bahasa pemrograman C++ menggunakan softwareBorland C++. Fungsi tujuan terbaik berdasarkan hybrid FA dan CSO untuk data kecil diperoleh 84 km, data sedang diperoleh 153449 m, dan data besar diperoleh 5749 km.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 64/15 Bud h
Uncontrolled Keywords: FIREFLY ALGORITHM
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research
Q Science > QA Mathematics > QA150-272.5 Algebra
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsEmail
ARIEF BUDIMAN, 081012115UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerry Suprajitno,, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 26 Nov 2015 12:00
Last Modified: 20 Jun 2017 23:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28344
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item