ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD)

ELVAN SURYA, 081012026 (2015) ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-elvansurya-41583-5.-abstr-k.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPM.75-15%2520Sur%2520a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD) adalah suatu permasalahan dalam pembentukan rute kendaraan yang digunakan untuk melayani pelanggan baik pengiriman maupun pengambilan barang yang dilakukan secara bersamaan dengan meminimumkan total jarak tempuh kendaraan tanpa melanggar kendala kapasitas kendaraan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah menyelesaikan Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery dengan algoritma Artificial Bee Colony Algoritma ABC. Algoritma ABC adalah salah satu metode heuristic yang diinspirasikan dengan kehidupan sebuah koloni lebah pada saat mereka mencari sumber makanan, dimana Onlooker bee akan pergi ke lebih dari satu tempat persekitaran sumber makanan untuk mendapatkan sumber makanan baru. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan solusi awal, menghitung nilai fungsi tujuan, pencarian neighbourhood dari solusinya dan menghitung nilai fungsi tujuan, seleksi roulette wheel, pencarian solusi baru dengan neighbourhood dari solusinya untuk onlooker, menghitung nilai fungsi tujuan, mencari solusi yang habis, dan proses berlanjut sampai maksimal iterasi. Program penerapan ABC dalam menyelesaikan VRPSPD dibuat dengan menggunakan bahasa Java yang diimplementasikan pada 3 contoh kasus, yaitu data berukuran kecil, sedang dan besar. Dari hasil running program diperoleh total jarak tempuh minimal untuk data berukuran kecil yaitu 93 km, untuk data berukuran sedang yaitu 130 km, dan data berukuran besar yaitu 2122 km. Berdasarkan hasil yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa semakin banyak iterasi, maka penyelesaian VRPSPD cenderung diperoleh hasil yang lebih baik yaitu dengan total jarak tempuh yang lebih minimum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM 75/15 Sur a
Uncontrolled Keywords: ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA11-14 Study and Teaching, Research
Q Science > QA Mathematics > QA150-272.5 Algebra
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsEmail
ELVAN SURYA, 081012026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorHerry Suprajitno,, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 27 Nov 2015 12:00
Last Modified: 17 Jul 2017 00:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28355
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item