PENYELESAIAN AIRLINE CREW SCHEDULING PROBLEM BIKRITERIA MENGGUNAKAN FIREFLY ALGORITHM

WELLY AGUS BUDIONO, 081012062 (2014) PENYELESAIAN AIRLINE CREW SCHEDULING PROBLEM BIKRITERIA MENGGUNAKAN FIREFLY ALGORITHM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2014-budionowel-32593-6.ABSTRAK.pdf

Download (268kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2014-budionowel-32593-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perusahaan jasa penerbangan yang melayani masyarakat mempunyai masalah dalam penjadwalan armada dan crew. Penjadwalan crew terdiri dari 2 proses, yaitu pairing dan rostering. Pairing adalah aktivitas penerbangan yang dibentuk dan jadwal penerbangan yang diambil ketika membentuk urutan/rangkaian. Sedangkan rostering adalah penugasan pairing yang telah dibentuk pada suatu crew berdasarkan jenis kegiatan dan kualifikasi crew. Karena adanya 2 proses yang masing-masing harus dikerjakan secara bersamaan (ada 2 fungsi tujuan yang harus dioptimasi), maka penjadwalan crew penerbangan termasuk kategori bikriteria. Pada skripsi ini, penulis menggunakan metode metaheuristik yang terinspirasi dari perilaku kunang-kunang, yaitu Firefly Algorithm. Algoritma ini dikembangkan oleh Dr Xin-She Yang di Universitas Cambridge pada tahun 2007. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan populasi awal firefly, menghitung fungsi tujuan, menghitung intensitas cahaya, membandingkan intensitas cahaya tiap firefly, update solusi baru, menentukan G-best, dan proses berlanjut sampai maksimal iterasi dipenuhi. Fungsi tujuan dalam skripsi ini adalah meminimumkan jumlahan dari total biaya pairing (z1) dengan total biaya rostering (z2). Data yang digunakan adalah data kecil berisi 22 nomor penerbangan dan data besar berisi 63 nomor penerbangan serta diselesaikan dengan bahasa pemrograman Java menggunakan software Netbeans IDE 7.2. Karena masalah penjadwalan crew penerbangan termasuk dalam kategori bikriteria, maka dimungkinkan solusi yang dihasilkan merupakan solusi non-dominated yaitu antar solusi secara kasat mata tidak bisa ditentukan mana yang lebih baik, sehingga akan muncul beberapa alternatif solusi. Fungsi tujuan terbaik (dalam satuan juta) berdasarkan Firefly Algorithm didapatkan untuk data kecil yaitu z1 = 23.79 dan z2 = 40.4263, sedangkan untuk data besar diperoleh z1 = 141.59 dan z2 = 59.3487.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC. KK. MPM. 30/14 Bud p
Uncontrolled Keywords: ALGORITHMS; AIRLINES
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA101-145 Elementary Mathematics, Arithmetic
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
WELLY AGUS BUDIONO, 081012062UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr.M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorMiswanto, Dr. M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 17 Jul 2014 12:00
Last Modified: 19 Aug 2016 04:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28394
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item