EVALUASI PENGELOLAAN ASET TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA PROSES APO07 MANAGE HUMAN RESOURCES DI PT. FAJAR PAPER, TBK.

Adhen Noviandaru, 081016007 (2014) EVALUASI PENGELOLAAN ASET TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN FRAMEWORK COBIT 5 PADA PROSES APO07 MANAGE HUMAN RESOURCES DI PT. FAJAR PAPER, TBK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-noviandaru-34724-7.ABSTRAK.pdf

Download (243kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-noviandaru-34724-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

PT. Fajar Paper, Tbk merupakan perusahaan kertas yang berkantor pusat di Jakarta. Berdasarkan observasi awal, diperoleh informasi bahwa PT. Fajar Paper, Tbk sudah memperhatikan penggunaan TI (Teknologi Informasi) untuk menunjang proses bisnisnya. Namun, dalam pengelolaannya masih ditemui beberapa kendala mulai dari penggunaan aset TI yang seringkali disalahgunakan untuk melakukan pekerjaan diluar tugas dan tanggung jawabnya hingga masih kurangnya pengawasan kinerja dan evaluasi rutin. Oleh karena itu diperlukan adanya evaluasi dan pengukuran dengan mengacu pada framework COBIT 5 untuk mengetahui tingkat kesadaran manajemen serta mengukur capability level proses APO07 manage human resources baik untuk kondisi yang ada saat ini maupun kondisi yang diharapkan pihak perusahaan. Pengelolaan teknologi informasi dilakukan melalui 5 tahap. Pertama adalah survey lapangan dilanjutkan dengan perumusan masalah berdasarkan hasil temuan yang didapatkan. Tahap kedua adalah menentukan responden sesuai dengan RACI chart. Tahap ketiga adalah pembuatan dan pengisian kuesioner survey berdasarkan hasil pemetaan responden. Terdapat 2 jenis kuesioner survey, yaitu kuesioner I management awareness dan kuesioner II capability level. Kuesioner I management awareness digunakan untuk mengetahui tingkat kesadaran manajemen dalam mengelola SDM TI. Sedangkan kuesioner II capability level digunakan untuk mengukur tingkat kapabilitas perusahaan dalam mengelola SDM TI. Tahap keempat adalah analisis jawaban hasil pengisian kuesioner yang telah didistribusikan. Tahap kelima adalah perancangan saran atas berbagai permasalahan dalam mengelola SDM TI Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan bahwa tingkat kesadaran manajemen PT. Fajar Paper, Tbk. pada proses APO07 manage human resources berada pada kategori sedang dengan nilai kinerja 2,33. Saat ini tingkat kapabilitas PT. Fajar Paper, Tbk. berada pada level 4-Predictable Process. Sedangkan untuk kondisi yang diharapkan berada pada level 5-Optimizing Process. Untuk usulan tindakan perbaikan akan dilakukan dalam 2 tahap. Tahap pertama adalah pencapaian capability level 4 dengan fokus kepada pengukuran dan kontrol proses pengelolaan SDM TI. Tahap kedua adalah pencapaian capability level 5 dengan fokus untuk melakukan inovasi dan meningkatkan kinerja proses pengelolaan SDM TI sehingga dapat membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. ST. SI. 23 -14 Nov e
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT INFORMATION TECHNOLOGY
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Adhen Noviandaru, 081016007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si, MT.UNSPECIFIED
ContributorEndah Purwanti, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Jan 2015 12:00
Last Modified: 22 Aug 2016 07:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28423
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item