RANCANG BANGUN SISTEM E-PROCUREMENT DI BAGIAN PEMBANGUNAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LUMAJANG DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK

Hendra Adi Firmansyah, 080916049 (2014) RANCANG BANGUN SISTEM E-PROCUREMENT DI BAGIAN PEMBANGUNAN SEKRETARIAT DAERAH KABUPATEN LUMAJANG DENGAN METODE BERORIENTASI OBJEK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-firmansyah-34731-6.ABSTRAK.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-firmansyah-34731-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang adalah instansi pemerintah yang memiliki tugas melayani masyarakat khususnya masyarakat kabupaten Lumajang. Salah satu tugas pokoknya adalah melayani masyarakat dalam proses lelang pengadaan barang / jasa di dalam pemerintahan yang dikerjakan secara manual. Akan tetapi proses lelang secara manual ini sering menimbulkan persaingan yang tidak sehat diantara penyedia jasa. Pada skripsi ini, masalah tersebut dapat diatasi dengan sebuah rancang bangun sisteme-procurement yang bertujuan menghasilkan sistem yang dapat membantu mengurangi persaingan tidak sehat antara penyedia jasa. Rancang bangun sisteme-procurement dengan berorientasi objek dilakukan dengan tujuh tahap. Tahap pertama dilakukan dengan perumusan masalah dan penetapan tujuan sebagai pedoman penelitian ditahap selanjutnya. Pada tahap kedua, dilakukan obesevasi tempat penelitian untuk mendapatkan gambaran awal sistem pengadaan barang / jasa yang sedang digunakan. Pada tahap ketiga, yaitu pengumpulah data, dilakukan untuk mendapatkan data dan informasi yang mendukung analisis dan perancanga nsistem. Pengumpulan data dilakukan dengan dua metode yaitu wawancara dan studi berkas.Tahap keempat, analisis dan perancangan sistem dilakukan dengan mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan mendefinisikan kelas-kelas dalam sistem yang akan dibuat. Perancangan sistem dilakukan dengan menggambarkan hasil analisis sistem menggunakan diagram-diagram UML. Pada tahap kelima, perancangan basis data dilakukan untuk menggambarkan aliran data. Pada tahap keenam, implementasi sistem dikerjakan sesuai dengan perancangan sistem dan perancangan basis data untuk mengetahui kesesuaian rancangan sistem dengan rancangan basis data yang telah dibuat. Pada tahap ketujuh, pengujian dilakukan untuk mengetahui apakah sistem yang telah dibuat apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau tidak. Skripsi ini menghasilkan suatu design dan implentasi sisteme-procurement untuk melakukan lelang pengadaan barang / jasa yang terkomputerisasi, dengan fitur-fitur yang sesuai dengan kebutuhan pengguna. Rancang bangun sistem ini dapat menjadi acuan pengembangan Sistem E-Procurement di Bagian Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Lumajang sebagai solusi permasalahan yang ada.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. ST. SI. 26 -14 Fir r
Uncontrolled Keywords: DESIGN AND IMPLEMENTATION; DATABASE
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Hendra Adi Firmansyah, 080916049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si, M.TUNSPECIFIED
ContributorEndah Purwanti, S.Si, M.KomUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Jan 2015 12:00
Last Modified: 23 Aug 2016 03:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28426
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item