PENYELESAIAN MULTIOBJECTIVE RESOURCE ALLOCATION PROBLEM (MORAP) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC)

Febriyanti S. Catherine, 081012008 (2014) PENYELESAIAN MULTIOBJECTIVE RESOURCE ALLOCATION PROBLEM (MORAP) DENGAN MENGGUNAKAN ALGORITMA ARTIFICIAL BEE COLONY (ABC). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-catherinef-35084-6.ABSTRAK.pdf

Download (550kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-catherinef-35084-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Multiobjective Resource Allocation Problem (MORAP) adalah proses mengalokasikan sumber daya pada berbagai kegiatan atau unit bisnis untuk memenuhi beberapa tujuan yang diharapkan. Sumber daya dapat diasumsikan sebagai orang, aset, bahan, atau modal yang dapat digunakan untuk mencapai tujuan. Algoritma Artificial Bee Colony (ABC) merupakan algoritma yang mengadopsi cara koloni lebah dalam pencarian sumber makanan. Proses algoritma ini dimulai dengan inisialisasi parameter, pembangkitan solusi awal, menghitung nilai fungsi tujuan, melakukan update himpunan penyelesaian nondominated, pencarian neighborhood dari solusinya, membandingkan solusi, melakukan update trial limit dan update himpunan penyelesaian nondominated, menentukan solusi untuk setiap satu onlooker bee menggunakan seleksi roulette wheel, melakukan pencarian solusi baru dengan pencarian neighborhood, membandingkan solusi, melakukan update trial limit dan update himpunan penyelesaian nondominated, memeriksa solusi habis dan proses berlanjut sampai maksimal iterasi. Data yang digunakan adalah data pengalokasian 6 sumber daya pada 4 kegiatan, pengalokasian 10 sumber daya pada 4 kegiatan, dan pengalokasian 12 sumber daya pada 4 kegiatan serta diselesaikan dengan bahasa pemrograman Java NetBeans IDE 7.2. Hasil penyelesaian MORAP dengan menggunakan algoritma ABC yang didapatkan untuk data pengalokasian 6 sumber daya pada 4 kegiatan diperoleh 3 solusi nondominated. Sedangkan untuk data pengalokasian 10 sumber daya pada 4 kegiatan diperoleh 7 solusi nondominated. Kemudian untuk data pengalokasian 12 sumber daya pada 4 kegiatan diperoleh 20 solusi nondominated.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. MPM. 40-14 Cat p
Uncontrolled Keywords: ALGORITHM
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Febriyanti S. Catherine, 081012008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMiswanto, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2015 12:00
Last Modified: 30 Aug 2016 01:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28496
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item