PENGGUNAAN METODE VALUE at RISK UNTUK MENENTUKAN TINGKAT RESIKO INVESTASI PADA SAHAM PT GUDANG GARAM Tbk MELALUI PENDEKATAN MODEL INTEGRATED GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (IGARCH)

Nasrudin Mangu Bolen, 080912081 (2014) PENGGUNAAN METODE VALUE at RISK UNTUK MENENTUKAN TINGKAT RESIKO INVESTASI PADA SAHAM PT GUDANG GARAM Tbk MELALUI PENDEKATAN MODEL INTEGRATED GENERALIZED AUTOREGRESSIVE CONDITIONAL HETEROSCEDASTICITY (IGARCH). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-bolennasru-35095-6.ABSTRAK.pdf

Download (586kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-bolennasru-35095-1.FULLTEXT.compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Heteroscedastisitas pada sebagian besar data deret waktu ekonomi dan keuangan dapat diselesaikan dengan model ARCH/GARCH. Namun dalam penerapannya model ARCH/GARCH memiliki beberapa kelemahan, diantaranya adalah ketidakmampuannya untuk melihat transisi atau perubahan perilaku antara volatilitas rendah dan volatilitas tinggi. Oleh Karena itu, model ARCH/GARCH tersebut dimodifikasi menggunakan model IGARCH. Pada model IGARCH, stasioneritas terpenuhi apabila memenuhi syarat jumlah koefisien kuadrat residual dan ragam bersyarat adalah satu. Model IGARCH merupakan model yang lebih baik daripada model ARCH/GARCH. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah memodelkan indeks harga saham yang bersifat heteroskedastik ke dalam IGARCH dan menentukan Value at Risk (VaR) indeks harga saham untuk satu periode ke depan. Data yang digunakan adalah data return harga saham PT Gudang Garam Tbk. Pemodelan dilakukan dengan membentuk model ARIMA sebagai mean model, dilanjutkan dengan memodelkan ARCH/GARCH dan selanjutnya adalah dengan memodelkan ragam bersyarat IGARCH dengan jumlah koefisien kedua parameter IGARCH sama dengan satu. Dari data harga saham PT Gudang Garam Tbk yang digunakan, didapatkan model IGARCH (1,1) sebagai model terbaik karena telah memenuhi semua asumsi, baik parameter yang telah signifikan maupun residual kuadrat yang sudah white noise. Bentuk umum model IGARCH (1,1) adalah = 3.87 × 10 + 0.104046 + 0.895954ℎ . Dari model yang terbentuk diperoleh nilai Value at Risk (VaR) untuk 30 hari kedepan dengan alokasi dana tertentu. Jadi, apabila dialokasikan dana sebesar Rp 1 Milyar dengan tingkat kesalahan sebesar 95%, besarnya resiko yang akan dihadapi investor yang menanamkan modal pada perusahaan PT Gudang Garam Tbk adalah sebesar . 210.420.382,00.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. MPM. 45-14 Bol p
Uncontrolled Keywords: CONFIDENCE INTERVALS
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Nasrudin Mangu Bolen, 080912081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSediono, Drs. H. M.SiUNSPECIFIED
ContributorEko Tjahjono, Drs. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 28 Jan 2015 12:00
Last Modified: 05 Jun 2017 22:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28501
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item