HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN QUADRATIC ASSIGNMENT PROBLEM(QAP)

Mulindaf Agustiningtyas Thaharah, 081012056 (2014) HYBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION (PSO) DAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN QUADRATIC ASSIGNMENT PROBLEM(QAP). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-thaharahmu-35155-6.ABSTRAK.pdf

Download (729kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
2015-thaharahmu-35155-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Quadratic assignment problem adalah permasalahan yang membahas penempatan fasilitas pada lokasi dan bertujuan meminimalkan total jarak tempuh perpindahan bahan antar fasilitas. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk menyelesaikan quadratic assignment problem dengan menggunakan hybrid algoritma particle swarm optimization (PSO) dan simulated annealing (SA). Secara umum proses particle swarm optimization adalah membangkitkan partikelpartikel, menentukan dan , update kecepatan dan posisi. Hybrid algoritma particle swarm optimization dan simulated annealing merupakan suatu proses PSO dimana pencarian dan dilakukan berdasarkan aturan SA, yaitu metode yang dianalogikan dengan proses annealing, dan dimulai dengan inisialisasi parameter, membangkitkan solusi awal, melakukan modifikasi, menghitung nilai fungsi tujuan, tetapkan dan , update partikel baru, menghitung temperatur baru, proses berlanjut hingga suhu yang dikehendaki sudah tercapai. Data yang digunakan adalah data 4 fasilitas dan 4 lokasi, data 12 dan fasilitas 12 lokasi, dan data 20 dan fasilitas 20 lokasi serta diselesaikan dengan bahasa pemrograman Java Netbeans IDE 7.3.1. Total jarak perpindahan bahan antar fasilitas untuk data 4 fasilitas 4 lokasi sebesar 1340, untuk data data 12 fasilitas 12 lokasi sebesar 1652, dan data 20 fasilitas 20 sebesar 6922. Berdasarkan hasil yang yang diperoleh menunjukkan bahwa semakin besar jumlah partikel, jumlah modifikasi, dan koefisien penurunan suhu, maka solusi yang didapatkan semakin mendekati solusi yang optimal. Akan tetapi hasil yang diperoleh bergantung pada permasalahan yang diselesaikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK. MPM. 52-14 Tha h
Uncontrolled Keywords: ALGORITHM; PARTICLE SWARM OPTIMIZATION
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
Mulindaf Agustiningtyas Thaharah, 081012056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 29 Jan 2015 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 15:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28508
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item