HIBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION DAN SIMULATED ANNEALING UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH PENGEPAKAN PERSEGI TIGA DIMENSI

ARIESKHA SURYA ARASY, 081112016 (2015) HIBRID ALGORITMA PARTICLE SWARM OPTIMIZATION DAN SIMULATED ANNEALING UNTUK MENYELESAIKAN MASALAH PENGEPAKAN PERSEGI TIGA DIMENSI. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-arasyaries-37327-6.ABSTRAK.pdf

Download (732kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
2015-arasyaries-37327-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Masalah pengepakan persegi tiga dimensi dapat diartikan sebagai penempatan sejumlah item kecil berbentuk persegi ke dalam satu objek persegi besar dalam bentuk tiga dimensi. Tujuan dari permasalahan pengepakan persegi tiga dimensi ini adalah untuk meminimalkan penggunaan ruang dari objek besar yang terpakai. Skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah pengepakan persegi tiga dimensi dengan hibrid algoritma PSO-SA. Algoritma PSO memiliki kinerja yang cukup baik dalam memecahkan beberapa masalah optimasi. Namun algoritma PSO memiliki masalah yaitu sering menemukan solusi optimum lokal bukan optimum global. Untuk mengatasi masalah yang muncul pada algoritma PSO, maka algoritma PSO akan digabung dengan algoritma simulated annealing (SA). Algoritma SA adalah algoritma untuk optimasi yang efektif dalam menghindari perangkap optimum lokal. Hibrid algoritma PSO-SA merupakan penggabungan antara algoritma PSO dan SA. Hibrid algoritma PSO-SA mencakup beberapa proses, yaitu input parameter, generate partikel awal, modifikasi partikel, evaluasi partikel, menentukan dan , update partikel dan update suhu. Algoritma berhenti ketika suhu yang dikehendaki tercapai. Masalah pengepakan persegi tiga dimensi dengan data 5 tipe 81 unit barang, 10 tipe 106 unit barang dan 20 tipe 129 unit barang diselesaikan dengan program C++ hibrid algoritma PSO-SA untuk menyelesaikan masalah pengepakan persegi tiga dimensi. Solusi terbaik dari 5 tipe 81 unit barang adalah 890 cm dengan parameter , , , dan . Untuk 10 tipe 106 unit barang diperoleh solusi terbaik adalah 906 cm dengan parameter , , , dan . Sedangkan untuk 20 tipe 129 unit barang diperoleh solusi terbaik adalah 939 cm dengan parameter , , , , dan . Berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh dari tiga persoalan tersebut menunjukkan bahwa semakin besar ukuran swarm maka hasil penggunaan ruang objek besar yang diperoleh cenderung lebih baik dan hasil yang diperoleh dari algoritma hibrid PSO-SA lebih baik dari algoritma genetik dan hibrid algoritma GA-SA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 32-15 Ara h
Uncontrolled Keywords: GENETIC ALGORITHMS
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ARIESKHA SURYA ARASY, 081112016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorAuli Damayanti, S.Si, M.SiUNSPECIFIED
ContributorHerry Suprajitno, Dr. M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Jun 2015 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 16:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28531
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item