RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN UNTUK RUMAH KURANG LAYAK HUNI DI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN JEMBER MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM DAN WEIGHTED PRODUCT

YANUANDIKA AKBAR SHIDQI, 081016074 (2015) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENERIMA BANTUAN UNTUK RUMAH KURANG LAYAK HUNI DI BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT KABUPATEN JEMBER MENGGUNAKAN METODE FUZZY MADM DAN WEIGHTED PRODUCT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-shidqiyanu-37418-7.ABSTRAK.pdf

Download (644kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
2015-shidqiyanu-37418-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini, suatu sistem pendukung keputusan penerima bantuan untuk rumah kurang layak huni dirancang dan dibangun menggunakan metode Fuzzy MADM dan Weighted Product yang bertujuan untuk membantu kepala badan untuk mengambil keputusan dalam menentukan penerima bantuan untuk rumah kurang layak huni di Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Jember. Rancang bangun sistem pendukung keputusan penerima bantuan ini dilakukan melalui tujuh tahap. Tahap pertama adalah pengumpulan data melalui wawancara dan observasi untuk mengetahui dan memahami lebih mendalam bagaimana metode Fuzzy MADM dan Weighted Product dapat menyeleseikan masalah penerima bantuan untuk rumah kurang layak huni. Tahap kedua adalah pengolahan data yang selanjutnya akan digunakan sebagai acuan untuk membuat sistem pendukung keputusan penerima bantuan untuk rumah kurang layak huni. Tahap ketiga adalah penyelesaian masalah dengan Fuzzy MADM dan metode Weighted Product. Tahap keempat adalah perancangam sistem. Perancangan sistem menggunakan sisflow untuk menggambarkan aliran proses pengambilan keputusan penerima bantuan untuk rumah kurang layak huni. Tahap kelima adalah implementasi. Implementasi sistem yang digunakan dengan aplikasi berbasis dekstop yang menggunakan Java sebagai bahasa pemogramannya.Tahap keenam adalah pengujian sistem. Pengujian sistem dilakukan untuk menguji bahwa sistem telah dibuat dengan benar. Tahap ketujuh adalah evaluasi sistem. Hasil penelitian berupa sistem pendukung keputusan penerima bantuan untuk rumah kurang layak huni dengan menerapkan metode Fuzzy dan Weighted Product yang terdiri dari implementasi antarmuka sistem, input utama untuk data untuk setiap kriteria, memilih nilai bobot, dan kalkulasi nilai sebagai output. Dari hasil evaluasi sistem diketahui bahwa penerima bantuan dari sistem dengan penerima bantuan dengan manual berbeda. Diperoleh informasi bahwa data yang digunakan ditentukan dengan kriteria yang sama dan penentuan 10 penerima bantuan dilakukan juga dengan penentuan subjektif sehingga terlihat ada perbedaan..

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST. SI. 28-15 Shi r
Uncontrolled Keywords: DECISION SUPPORT SYSTEM
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
YANUANDIKA AKBAR SHIDQI, 081016074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorDyah Herawatie, Ir. M.SiUNSPECIFIED
ContributorRini Semiati, Dra.M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 24 Jun 2015 12:00
Last Modified: 06 Jun 2017 22:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28532
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item