PENGUKURAN TINGKAT KAPABILITAS PROSES PENGELOLAAN RISIKO TEKNOLOGI INFORMASI PADA DIREKTORAT SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AIRLANGGA BERDASARKAN COBIT 5 PROSES APO12 MANAGE RISK

Diaz Mahardika Wibisono, 081116028 (2015) PENGUKURAN TINGKAT KAPABILITAS PROSES PENGELOLAAN RISIKO TEKNOLOGI INFORMASI PADA DIREKTORAT SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS AIRLANGGA BERDASARKAN COBIT 5 PROSES APO12 MANAGE RISK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-wibisonodi-37788-5.ABSTRAK.pdf

Download (628kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2015-wibisonodi-37788-1.FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Direktorat Sistem Informasi (DSI) merupakan salah satu unit kerja yang bertanggung jawab dalam pengembangan TI untuk mendukung proses bisnis unair. Pada tahun 2012, DSI mulai riset tentang pengelolaan risiko berdasarkan kerangka kerja ISO dan baru menerapkan kerangka kerja pada tahun 2013. Sampai saat ini belum pernah dilakukan pengukuran sejauh mana pencapaian level pengelolaan risiko di DSI. Oleh karena itu dilakukan penelitian tentang pengukuran proses pengelolaan risiko berdasarkan COBIT5 proses APO12 Manage Risk. Kemudian akan disusun suatu rancangan saran dan tindakan perbaikan sehingga diperoleh panduan yang tepat dalam melakukan perbaikan terkait pengelolaan risiko TI. Proses pengukuran teknologi informasi dilakukan melalui lima tahap. Tahap pertama adalah pemetaan RACI Chart. Tahap kedua pembuatan kuesioner dan penyeberan. Tahap ketiga yaitu tahap pengisian kuesioner. Tahap selanjutnya adalah analisa hasil jawaban kuesioner. Dan tahap terakhir adalah perancangan saran dan solusi perbaikan atas permasalahan dalam pelaksanaan tata kelola TI proses APO12 manage risk berdasarkan hasil analisa jawaban kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, didapatkan bahwa tingkat kesadaran TI DSI Unair pada proses APO12 manage risk berada pada katagori tinggi dengan nilai kinerja 1,44, sedangkan pencapaian level kapabilitas saat ini berada pada level 3-process deployment, dan untuk kondisi yang di inginkan berada pada level 5-Optimising process. Usulan tindakan perbaikan akan dilakukan dalam 2 tahap yaitu tahap pertama adalah pencapaian kapabilitas level 4 dan tahap kedua adalah pencapaian level 5 sehingga proses pengelolaan risiko mencapai kondisi yang efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI. 36-15 Wib p
Uncontrolled Keywords: COBIT5; MANAGE RISK
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsEmail
Diaz Mahardika Wibisono, 081116028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorEva Hariyanti, S.Si., M.T.UNSPECIFIED
ContributorIndra Kharisma R., S.Kom., M.T.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Aug 2015 12:00
Last Modified: 31 Aug 2016 05:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28535
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item