PELAYANAN KERETA API PARIWISATA (Studi Deskriptif Tentang Pelayanan di Dalam Kereta Wisata Jawa di PT. Kereta Api Pariwisata)

ALIFA AZIZA YOSINTA, 071210213040 (2015) PELAYANAN KERETA API PARIWISATA (Studi Deskriptif Tentang Pelayanan di Dalam Kereta Wisata Jawa di PT. Kereta Api Pariwisata). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-yosintaali-37742-8.abstr-k.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FV-28579.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dari tahun ke tahun, kebutuhan dalam transportasi kian lama semakin meningkat akibat bertambahnya penduduk dan teknologi yang semakin canggih. Dalam kondisi tersebut, dengan transporatasi semakin banyak dan ketat sehingga pelayanan yang disajikan turut serta haruslah meningkat. Mempertahankan konsumen puas dalam menggunakan transportasi, perlu pelayanan yang baik. Kereta Api Pariwisata atau dikenal dengan kereta wisata merupakan salah satu kereta penumpang berbasis pariwisata yang dibuat oleh PT. KAI dan dikelola oleh PT. KA Pariwisata. Penelitian yang diambil mengenai pelayanan di dalam salah satu tipe kereta wisata yaitu kereta wisata tipe Jawa. Tujuan penelitan ini, untuk mengetahui bagaimana pelayanan yang ada di dalam kereta wisata tipe Jawa serta kendala apa saja yang ada di dalam kereta wisata tipe Jawa tersebut. Pada penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif merupakan penelitan yang bertujuan untuk menjelaskan atau mendiskripsikan suatu keadaan, peristiwa atau segala sesuatu yang terkait dalam objek penelitian. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara wawancara secara langsung kepada petugas Divisi Operasional dan Pelayanan PT. Kereta Api Pariwisata, Trip Leader, Prama Prami dan Penumpang yang berada di Kereta Wisata serta Penulis melakukan observasi di dalam kereta wisata Jawa dan penggunaan bahan dokumen untuk melengkapi data-data berupa foto-foto yang berkaitan dengan Pelayanan di dalam Kereta Wisata Jawa. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan di dalam kereta wisata Jawa yaitu pelayanan pada saat perjalanan menggunakan kereta wisata Jawa. Pelayanan yang diberikan di dalam kereta wisata Jawa seperti fasilitas yang ada di kereta wisata Jawa, makanan dan minuman yang disajikan di kereta wisata Jawa serta petugas-petugas yang melayani penumpang di dalam kereta wisata Jawa. Petugas yang melayani penumpang di dalam kereta wisata Jawa seperti Trip Leader, Prama Prami, Teknisi KA TV dan OTC. Makanan dan minuman yang disajikan seperti menu makanan minuman sudah ditentukan oleh PT.Reska dan dipersiapkan sebelum perjalanan oleh Prama Prami dibentuk dengan prasmanan. Fasilitas yang ada di kereta wisata Jawa seperti Ruang Utama, Ruang Keluarga, Mini Bar, Ruang Istirahat, Ruang Operator dan Toilet. Sedangkan kendalakendalanya adalah lebih terletak di fasilitas seperti AC Panas, Kran atau wastafel macet, persediaan air habis, kurangnya peralatan makanan minuman, kurangnya persediaan makanan ringan. kendala tersebut petugas yang ada didalam kereta wisata Jawa berusaha menangani dengan memperbaiki dan menambah jumlah persediaan di stasiun pemberhentian selanjutnya. Dengan adanya kendala tersebut, harapan selanjutnya PT. KA Pariwisata lebih memperhatikan kebersihan di seluruh kereta wisata Jawa yang rapi dan lebih teliti dalam menyediakan jumlah makanan minuman sesuai jumlah kebutuhan penumpang.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV. PW. 24/15 Yos p
Uncontrolled Keywords: MANAGEMENT TRANSPORTATION; TOURISM
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
H Social Sciences > HE Transportation and Communications > HE5601-5725 Automotive transportation Including trucking, bus lines, and taxicab service
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ALIFA AZIZA YOSINTA, 071210213040UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNovianto Edi Suharno, SST.Par., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 31 Jul 2015 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 21:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28579
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item