INSPEKSI PENERAPAN PERANCAH UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DI SAKA INDONESIA PANGKAH LIMITED GRESIK

JAPRI ERIK RICHARD N, 101210113042 (2015) INSPEKSI PENERAPAN PERANCAH UNTUK PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DI SAKA INDONESIA PANGKAH LIMITED GRESIK. Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-japrierikr-41115-5.-abstr-t.pdf

Download (452kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
HKK28589.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perancah merupakan alat yang sering digunakan sebagai alat bantu pada pekerjaan konstruksi. Kurangnya kesadaran dalam menggunakan atau bekerja disekitar perancah seringkali dapat mengakibatkan kecelakaan serius bahkan dapat menimbulkan kematian. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mempelajari penerapan inspeksi serta mendeskripsikan hasil penerapan perancah untuk pencegahan kecelakaan kerja di Saka Indonesia Pangkah Limited Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis observasional dengan rancangan cross-sectional. Penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawancara dan observasi dengan menggunakan checklist. Perolehan data dianalisis secara deskriptif dan dijelaskan dalam bentuk narasi dan tabulasi. Objek penelitian adalah penerapan perancah pada project sphere tank untuk pencegahan kecelakaan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih ditemukan adanya kerusakan fisik atau defect pada platforms perancah sebesar 2,83%. Ditemukan guardrails yang tidak terpasang pada bagian perancah sebesar 50%. Pemnt color="#FF0000">eriknt>saan pada perancah dilakukan setiap hari sebelum pekerjaan dilakukan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar penerapan perancah di Saka Indonesia Pangkah Limited sudah sesuai dengan Permenakertrans No.PER 01/MEN/1980 tentang Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Konstruksi Bangunan, disarankan agar pelaksanaan pemnt color="#FF0000">eriknt>saan terhadap material lebih ditingkatkan dan dipertegas, meningkatkan pengetahuan tentang APD sesuai dengan resiko bahaya, pemberian tempat untuk penyimpanan material, dan melakukan pelatihan pada pekerja yang menggunakan perancah guna meningkatkan perhatian terhadap bahaya yang ada ditempat kerja dan mengetahui kondisi yang berpotensi mengakibatkan kecelakaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKC KK FV.HKK 08/15 Jap i
Uncontrolled Keywords: WORK ACCIDENT
Subjects: L Education > L Education (General) > L7-991 Education (General) > L900-991 Directories of educational institutions
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Kesehatan > D3 Hiperkes dan Keselamatan Kerja
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
JAPRI ERIK RICHARD N, 101210113042UNSPECIFIED
Depositing User: prasetyo adi nugroho
Date Deposited: 30 Oct 2015 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 21:20
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item