PENYEBARLUASAN INFORMASI WISATA OLEH KOMUNITAS LIBURAN MURAH MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK: Studi Deskriptif Tentang Bagaimana Penyebarluasan Informasi Wisata Oleh Komunitas Liburan Murah Melalui Media Sosial Facebook

TRI MUKTI SAPUTRA, 070902014 (2015) PENYEBARLUASAN INFORMASI WISATA OLEH KOMUNITAS LIBURAN MURAH MELALUI MEDIA SOSIAL FACEBOOK: Studi Deskriptif Tentang Bagaimana Penyebarluasan Informasi Wisata Oleh Komunitas Liburan Murah Melalui Media Sosial Facebook. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
gdlhub-gdl-s1-2015-saputratri-37938-7.abstr-k.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
fulltext.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berjudul Penyebarluasan Informasi Wisata pada Komunitas melalui Media Sosial Facebook Dengan subyek penelitiannya adalah Komunitas Liburan Murah yang memiliki basis wisata di Kota Surabaya. Judul dan subyek tersebut didasari oleh fenomena sebagai berikut : 1) Perkembangan pariwisata yang memunculkan adanya komunitas wisata; 2) Karakteristik informasi wisata yang ada dalam komunitas Liburan Murah; 3) Kegiatan wisata yang dilakukan oleh Komunitas Liburan Murah. Berdasarkan pertimbangan tersebut teori dalam menganalisis kajian penelitian ini adalah teori mengenai komponen wisata yang disampaikan oleh Medlik dan Middleton dan juga teori komunikasi difusi inovasi oleh Everett. Adapun metode dalam penelitian ini adalah kualitatif yang dilakukan melalui pendekatan secara deskriptif. Metode ini dimaksudkan agar mampu memahami sifat, isi dan materi penelitian. Teori dan Metode penelitian ini digunakan untuk menjawab rumusan masalah berupa penyebarluasan informasi dan pengelolaan kegiatan wisata oleh Komunitas Liburan Murah. Hasil Penelitian yang didapat oleh peneliti adalah sebagai berikut: 1) Penyebarluasan informasi yang dilakukan oleh Komunitas Liburan Murah melalui media sosial facebook dibagi menjadi 3 kriteria yaitu terkait Obyek Wisata, Akomodasi, dan juga Transportasi. Kecenderungan yang muncul dalam komunitas tersebut lebih bersifat membutuhkan daripada memberikan informasi mengenai wisata; 2) Kegiatan Wisata yang dilakukan oleh Komunitas Liburan Murah lebih cenderung mengarah ke wisata flash packer dengan mengutamakan kenyamanan dalam berwisata. Kemudian berdasarkan temuan dan analisis peneliti menyarankan untuk memperbanyak kegiatan rutin dari Komunitas Liburan Murah dengan tujuan untuk mempererat rasa kebersamaan antar anggota komunitas dan juga media penyebaran informasi dapat diperbanyak menggunakan media sosial lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FV PW 47/15 Sap p
Uncontrolled Keywords: TOURISM - MARKETING; SOCIAL MEDIA
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
TRI MUKTI SAPUTRA, 070902014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorNovianto Edi Suharno, S.ST.,Par., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Ani Sistarina
Date Deposited: 25 Aug 2015 12:00
Last Modified: 15 Sep 2016 10:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28595
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item