KUALITAS PELAYANAN PETUGAS PASASI DI BANDARA JUANDA (Studi Deskriptif Tentang Penanganan Penumpang Khusus (Special Passenger) oleh Petugas Pasasi di PT Global Jasa Angkasa (GJA) Bandar Udara Internasional Juanda - Surabaya )

ERLINA WIDYAWATI, 071210213028 (2015) KUALITAS PELAYANAN PETUGAS PASASI DI BANDARA JUANDA (Studi Deskriptif Tentang Penanganan Penumpang Khusus (Special Passenger) oleh Petugas Pasasi di PT Global Jasa Angkasa (GJA) Bandar Udara Internasional Juanda - Surabaya ). Tugas Akhir D3 thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2015-widyawatie-37806-8.ABSTRAK.pdf

Download (625kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
2015-widyawatie-28598.pdf
Restricted to Registered users only

Download (997kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Semakin berkembangnya industri pariwisata di Indonesia, berdampak pada semakin pentingnya peranan industri jasa pariwisata. Dewasa ini masyarakat lebih suka menggunakan transportasi udara dibandingkan dengan moda transportasi lainnya. Dengan menggunakan transportasi udara jarak jauh pun dapat ditempuh dengan waktu yang relatif singkat. Di dalam kegiatan transportasi udara, terdapat jasa pelayanan ground handling. Ground Handling merupakan tata cara penanganan pesawat, penumpang, barang, bagasi dan cargo mulai dari pesawat take off hingga lepas landas kembali. Ada beberapa bagian unit kerja di kegiatan ground handling. Salah satunya ialah unit kerja di bagian terminal side. Di bagian unit kerja tersebut terdapat petugas yang menangani penumpang ketika berada di area terminal side yang meliputi terminal keberangkatan (departure hall) dan kedatangan (arrival hall) disebut dengan petugas pasasi. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi oleh petugas pasasi. Dalam memberikan penanganan kepada special passenger terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan menjadi tanggung jawab petugas pasasi. Salah satu tanggung jawab yang perlu perhatian khusus yaitu masih ada beberapa petugas pasasi yang tidak tanggap dan tidak sesuai prosedur dalam melakukan kegiatan, serta tidak melapornya special passenger kepada petugas pasasi. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif dengan menggunakan analisa data kualitatif. Penelitian deskriptif bertujuan untuk memberikan gambaran dalam bentuk deskripsi berupa kata-kata mengenai subjek penelitian dan menganalisis data sehingga lebih mudah dipahami dan disimpulkan. Sedangkan analisa data kualitatif adalah teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan penggunaan bahan dokumen yang dilakukan penulis dalam penggunaan data. Memberikan pelayanan kepada special passenger petugas pasasi di PT GJA berpedoman pada SOP yang telah ditetapkan. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi pelayanan petugas pasasi kepada special passenger yaitu sikap, kemampuan dan pengetahuan. Dengan adanya pendapat dari konsumen (special passenger), maka dapat diketahui sejauhmana kualitas pelayanan yang diberikan oleh petugas pasasi. Penulis mengkaji lebih dalam tentang meningkatkan kualitas pelayanan petugas pasasi dalam memberikan penanganan terhadap special passenger. Dalam menjalankan tugasnya untuk special passenger petugas pasasi berpedoman pada Standard Operasional Prosedur (SOP). SOP tersebut terdapat di dalam buku basic operasional manual milik PT Global Jasa Angkasa (GJA) dan station manual milik maskapai penerbangan. Kualitas pelayanan petugas pasasi dapat diukur dengan melakukan wawancara secara langsung kepada konsumen yaitu special passenger mengenai pelayanan yang telah diberikan oleh petugas pasasi di PT Global Jasa Angkasa (GJA) apakah telah sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.PW. 26-15 Wid k
Uncontrolled Keywords: PASASI SERVICES;SPECIAL PASSENGER
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD3611-4730.9 Industrial policy. The state and industrial organization Including licensing of occupations and professions, subsidies, inspection, government ownership, municipal services
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9980.5 Service industries
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
ERLINA WIDYAWATI, 071210213028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorSri Endah Nurhidayati, Dr. S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 05 Aug 2015 12:00
Last Modified: 07 Jun 2017 21:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28598
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item