Budaya Sowan Kepada Kiai: Studi Etnografi pada Masyarakat Tulungagung Jawa Timur

Ike Karti Wahyuni, 090214791 (2005) Budaya Sowan Kepada Kiai: Studi Etnografi pada Masyarakat Tulungagung Jawa Timur. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-wahyuniike-523-ts0706-k.pdf

Download (324kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-wahyuniike.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian tentang budaya sowan kepada Kiai ini merupakan salah satu tulisan etnografi yang cukup jarang di temui. Sebenarnya banyak sekali penelitian budaya yang telah dilakukan namun yang berkaitan dengan penelitian ini masih sulit ditemukan. Unit analisis dalam penelitian ini adalah semua tindakan manusia yang berhubungan dengan sowan (berkunjungi) kepada Kiai. Tindakan tersebut memiliki makna dan simbol-simbol yang bervariasi. Oleh karena itu penelitian ini berusaha untuk mendeskripsikan tentang pandangan sowan kepada Kiai, bagaimana persepsi atau pemaknaan masyarakat Tulungagung terhadap budaya sowan. Kajian lapangan menunjukkan bahwa, Tulungagung sebagai wilayah medalungan yaitu wilayah kebudayaan campuran, budaya Jawa Timur (Majapahit) dan Jawa Tengah (Mataraman) masih mempertahankan budaya Jawa khususnya Mataraman dalam interaksi sosial. Hal ini menunjukkan juga konteks yang melatarbelakangi tindakan pelaku hudaya sowan. Pada pelaksanaan budaya sowan ini, terdapat pola hubungan vertikal/atas bawah atau patron client antar subyek pelaku budaya. Pola hubungan itu semakin dipertegas dengan adanya unggah-unggah dalam sikap dan percakapan atau bahasa seharihari dan tradisi "cium tangan". Berbagai tindakan atau proses sowan yang dilakukan oleh pelaku aktif yaitu orang yang datang kepada kiai ini diantaranya: tindakan mengucapkan salam sebelum memasuki rumah kiai, berjabatan tangan dan mencium tangan kiai, bersikap sopan dalam bahasa dan penampilan, tidak mendikte kiai, tidak mendahului pembicaraan sebelum ditanya, mengucapkan terimakasih dengan memberikan imbalan (reward). Adapun simbol yang muncul dari budaya sowan itu adalah benda-benda yang diperoleh dari Kiai yang dikunjungi, Seperti air, garam, pasir, rajah (kertas bertuliskan huruf arab) dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK -2 TS.07/06 Wah b
Uncontrolled Keywords: ETHICS, JAVANESE ; CULTURE
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD58.7-58.95 Organizational behavior, change and effectiveness. Corporate culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Ike Karti Wahyuni, 090214791UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorL.Dyson, Prof.,MAUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 02 Mar 2006 12:00
Last Modified: 08 Aug 2017 23:19
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28665
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item