DAMPAK KONVERSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI PETANI Studi di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo

Iva Yulianti Umdatul Izzah, 090014113 (2005) DAMPAK KONVERSI LAHAN PERTANIAN TERHADAP KEHIDUPAN SOSIAL DAN EKONOMI PETANI Studi di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2006-izzahivayu-694-ts1006-k.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2006-izzahivayu.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini ingin menjawab masalah tentang bagaimana dampak konversi lahan pertanian terhadap kehidupan sosial dan ekonomi petani. Dalam penelitian ini peneliti mengidentifikasi data dan fakta empirik, fenomena-fenomena sosial yang menjelaskan dampak konversi pada lahan pertanian di wilayah pedesaan. Untuk menjawab permasalahan tersebut dilakukan kajian dengan menggunakan beberapa teori dan konsep. Teori dan konsep yang digunakan adalah moral ekonomi petani, pembangunan pertanian, petani rasional, dinamika sosial ekonomi pedesaan, dualisme ekonomi serta perubahan sosial. Subyek penelitian atau informan dalam penelitian ini adalah petani, aparat pemerintahan desa dan kecamatan serta tokoh masyarakat setempat, yang terdiri dari 16 orang. Penentuan informan yang dilakukan disesuaikan dengan kecukupan data yang digali. Lokasi penelitian dilakukan di Desa Pepe Kecamatan Sedati Kabupaten Sidoarjo dengan pertimbangan bahwa di daerah tersebut telah terjadi konversi lahan pertanian yang luas dan sangat mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi masyarakatnya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TS 10/06 Izz d
Uncontrolled Keywords: FARMER ; AGRICULTURE - SOCIAL ASPECTS
Subjects: S Agriculture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsNIM
Iva Yulianti Umdatul Izzah, 090014113UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDoddy Singgih, Drs.,MSUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 14 Mar 2006 12:00
Last Modified: 08 Aug 2017 21:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28668
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item