Identitas Etnis Cina dalam Novel Putri Cina Karya Shindunata: Kajian Historisisme Baru

Dwi Retnaning Untari, 121141006 (2014) Identitas Etnis Cina dalam Novel Putri Cina Karya Shindunata: Kajian Historisisme Baru. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ada dua masalah yang dikaji dalam penelitian ini, yakni (1) bagaimana terbentuknya identitas tokoh Putri Cina dalam novel Putri Cina? (2) bagaimanakah identitas etnis Cina direpresentasikan dalam novel Putri Cina?. Penelitian ini pada dasarnya bertujuan: pertama, mendeskripsikan terbentuknya identitas tokoh putri cina dalam novel Putri Cina. Kedua, Menjelaskan representasi identitas etnis Cina dalam dinamika relasi kuasa dengan masyarakat pribumi, Jawa, dalam novel Putri Cina melalui tokoh Putri Cina. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif, khususnya dengan perspektif kajian historisisme baru. Penelitian ini menggunakan objek teks sastra, yakni novel Putri Cina (2007) karya Shindunata. Dari penelitian ini, hasil-hasil yang ditemukan, dapat diungkapkan sebagai berikut. Pertama, berdasarkan analisis terhadap struktur naratif novel Putri Cina, maka interpretasi terhadap teks ini dapat disimpulkan bahwa tokoh Putri Cina adalah representasi etnis Cina di Indonesia. Ditinjau dari analisis historisisme baru, identitas etnis Cina terbentuk oleh konstruksi historis penguasa di masa lalu. Makna dari identitas etnis Cina mengungkapkan adanya bentuk praktik diskursif penguasa yang dilakukan melalui praktik-praktik diskursif berbasis modal dan sosial. Kedua, representasi identitas etnis Cina dalam novel ini direpresentasikan mengacu pada sikap ketidakberdayaan etnis Cina terhadap segala bentuk perlakuan tidak adil penguasa yang menempatkan mereka sebagai kambing hitam kemanusiaan. Selain itu, tokoh Putri Cina sebagai representasi kelompok marjinal diresepsikan sebagai simbol ekonomi akibat dari praktik diskursif kaum kuat (penguasa).

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TKSB. 01/14 Unt i
Uncontrolled Keywords: ETHNICITY - RELIGIONS ASPECTS; IDENTITY
Subjects: P Language and Literature
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Magister Kajian Sastra dan Ilmu Budaya
Creators:
CreatorsEmail
Dwi Retnaning Untari, 121141006UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorI.B. Putera Manuaba,, Dr. Drs., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 14 Feb 2014 12:00
Last Modified: 08 Sep 2016 08:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28684
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item