RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM COMMUNITY RELATIONS PT. TJIWI KIMIA

DIAH TRI AMBARWATI, 090610218L (2009) RESPON MASYARAKAT TERHADAP PROGRAM COMMUNITY RELATIONS PT. TJIWI KIMIA. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s3-2011-ambarwatid-14570-tsk041-k.pdf

Download (314kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s3-2011-ambarwatid-12197-tsk0410.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Segala risiko yang mungkin terjadi dalam masyarakat sekitar akibat beroperasinya perusahaan merupakan alasan yang menjadi dasar mengapa perusahaan harus mempunyai perhatian dan tanggung jawab kepada masyarakat sekitar perusahaan yang diwujudkan dalam bentuk community relations. Dalam pelaksanaan fungsi PR, komunitas lokal atau masyarakat sekitar perusahaan dipandang sebagai suatu kesatuan dengan perusahaan yang memberi manfaat timbal balik. Hubungan timbal balik dengan rasa memiliki dibutuhkan oleh perusahaan agar perusahaan memperoleh dukungan komunitas. Dengan alasan tersebut peneliti ingin mendeskripsikan respon masyarakat sekitar terhadap community relations yang dilakukan PT. Tjiwi Kimia sebagai perusahaan yang bidang usahanya sewaktu-waktu dapat menimbulkan dampak yang luar biasa pada masyarakat jika mengalami musibah. Permasalahan yang muncul adalah bagaimanakah respon masyarakat terhadap community relations yang dilakukan oleh PT. Tjiwi Kimia. Tinjauan pustaka yang digunakan dalam penelitian ini adalah Public Relations dan Community Relations yang menyatakan bahwa PR sebagai wakil dari perusahaan untuk menciptakan hubungan yang baik dengan masyarakat sekitar perusahaan melalui community relations, Community Relations yang merupakan implementasi dari wujud tanggung jawab sosial perusahaan kepada masyarakat, Corporate Social Responbility sebagai alasan dasar bagi perusahaan untuk melakukan community relations, dan Publik, Perusahaan, dan PR untuk mengetahui keterkaitan antara ketiganya. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan in-depth interview untuk pengumpulan data. unit analisis yang diambil adalah community leader dan beberapa masyarakat yang tinggal dekat lokasi operasional pabrik dan pembuangan limbah PT. Tjiwi Kimia menggunakan snowball sampling untuk mengetahui respon mereka terhadap community relations yang dilakukan PT. Tjiwi Kimia. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa masyarakat mempunyai respon yang negatif terhadap community relations yang dilakukan oleh PT. Tjiwi Kimia meskipun mereka menerima setiap bentuk community relations yang diberikan perusahaan. ini karena masyarakat menganggap PT. Tjiwi Kimia belum benar-benar melaksanakan community relationsnya sesuai dengan kebutuhan mereka.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 04 / 10 Amb r
Uncontrolled Keywords: COMMUNITY RELATIONS
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Creators:
CreatorsEmail
DIAH TRI AMBARWATI, 090610218LUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorMusta’in Mas’ud, Prof. DrUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 20 Jan 2011 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 08:41
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28741
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item