WACANA ISU GLOBAL WARMING DALAM DESAIN FASHION CARNAVAL ( Studi Analisis Tekstual Ikon-ikon Global dan Lokal dalam Desain Jember Fashion Carnaval 2010 )

ARI SUSANTI, 090810616M (2010) WACANA ISU GLOBAL WARMING DALAM DESAIN FASHION CARNAVAL ( Studi Analisis Tekstual Ikon-ikon Global dan Lokal dalam Desain Jember Fashion Carnaval 2010 ). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSRTAK)
gdlhub-gdl-s2-2011-susantiari-18914-tsk011-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2011-susantiari-15719-tsk0111.pdf
Restricted to Registered users only

Download (985kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada wacana isu-isu global yang ditampilkan dalam Jember Fashion Carnaval 9. Tema utama JFC 9 ini adalah world treasure dimana menyimpan dunia memiliki berbagai kekayaan yang berlimpah baik di masa lampau, masa kini dan masa yang akan datang. Kekayaan dunia pada JFC 9 ini diwakili dengan beberapa sub tema seperti Dream Sky, Toraja, Butterfly, Thailand, Cactus, Kabuki, Mongol, Apocalypse dan Voyage. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tekstual yang mendeskripsikan visualisasi fashion dalam Jember Fashion Carnaval 9 dikaitkan dengan isu-isu global. Tanda dan simbol yang divisualisasikan dalam karya fashion dimaknai dengan empat tanda fashion yaitu warna, bentuk, bahan dan asesoris. Setelah memaknai simbol dan tanda yang ada selanjutnya mencari wacana isu global yang muncul dalam setiap kostum terpilih. Adapun kostum terpilih ada Sembilan dan masing-masing mewakili setiap defile. Analisa hasil penelitian adalah isu global dalam Jember Fashion Carnaval ditampilkan berdasarkan kultur lokal dan kultur global yang saling berinteraksi yang memunculkan perpaduan yang mengarah ke pencangkokan kultur. Hal ini terlihat dalam tampilan JFC dipadukan dengan tema isu-isu global menghasilkan kreasi desain yang unik dan dapat dimaknai oleh masyarakat global karena diilhami dari kultur beberapa belahan dunia maupun filosofi beberapa lambang yang sudah diketahui serta disepakati.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK 01 / 11 Sus w
Uncontrolled Keywords: FASHION ; DESAIN
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA299.6-433 Analysis
Q Science > QA Mathematics > QA76.9.S88 System analysis and System design
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
ARI SUSANTI, 090810616MUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain, Prof. DR.Drs., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Sheli Erlangga Putri
Date Deposited: 30 May 2011 12:00
Last Modified: 31 Jul 2017 17:32
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28742
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item