Strategi Komunikasi Pemasaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Di Provinsi Gorontalo

Yulianty Aliah (2015) Strategi Komunikasi Pemasaran Balai Pelestarian Cagar Budaya Di Provinsi Gorontalo. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (HALAMAN JUDUL)
1. HALAMAN JUDUL.pdf

Download (358kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
4. BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (214kB)
[img] Text (BAB II TINJAUAN PUSTAKA)
5. BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODE PENELITIAN)
6. METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (291kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN)
7. BAB IV DESKRIPSI OBJEK PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V TEMUAN DAN ANALISIS DATA)
8. BAB V TEMUAN DAN ANALISI DATA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB VI PENUTUP)
9. BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTYAR PUSTAKA)
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (288kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (174kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo dalam mempromosikan cagar budaya di provinsi Gorontalo sehingga meningkatkan minat pengunjung untuk berkunjung ke provinsi Gorontalo sebagai kawasan wisata cagar budaya. Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) sebagai unit pelaksana teknis (UPT) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang berada di daerah, mengharuskan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo untuk berinovasi dan kreatif dalam menyusun strategi komunikasi dengan menggabungkan tiga konsep yakni strategi, komunikasi dan pemasaran. Selain itu berhubung objek yang perlu dipromosikan berbeda dengan objek komunikasi pemasaran lainnya, yaitu cagar budaya di propinsi Gorontalo maka permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo dalam mempromosikan cagar budaya di Provinsi Gorontalo? Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Balai Pelestarian Cagar Budaya Gorontalo telah melakukan kegiatan strategi komunikasi pemasaran dimulai dari proses analisis situasi program promosi, analisis proses komunikasi, penentuan anggaran, pengembangan program IMC serta proses akhir yang dilakukan adalah monitor, evaluasi dan kontrol. Adapun bentuk-bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan seperti direct marketing berupa poster dan leaflet yang dibagikan setiap kegiatan pameran dlaksanakan; interactive/internet marketing dengan terbentuknya sebuah grup beranda museum Gorontalo yang digunakan sebagai forum diskusi oleh anggotanya; Publicity merupakan kegiatan komunikasi nonpersonal yang berhubungan dengan organisasi atau perusahaan yang sifatnya non komersil seperti buletin, dialog sindo TV, dialog RRI, dan mobil bioskop; Personal Selling disini tidak terjadi transaksi penjualan (selling) melainkan hanya sebatas bertujuan untuk mengedukasi publik tentang arti penting cagar budaya seperti sosialisasi Kota Gorontalo, purbakala goes to school, dialog budaya;, exhibition (pameran) sebagai bentuk komunikasi pemasaran dalam mempromosikan cagar budaya ke masyarakat.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.36/15 Ali s
Uncontrolled Keywords: Marketing Communication Strategy, Cultural Heritage Tourism
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Media dan Ilmu Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Yulianty AliahNIM071314853030
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHenri SubiaktoNIDN0029036204
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 26 Nov 2015 12:00
Last Modified: 19 May 2020 03:39
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28759
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item