WACANA FASHION JILBAB DI MEDIA: ANALISIS TEKSTUAL MAKNA KULTURAL DAN SOSIAL JILBAB DI MAJALAH WANITA MUSLIM

Aulia Rahmawati, 090610626 (2009) WACANA FASHION JILBAB DI MEDIA: ANALISIS TEKSTUAL MAKNA KULTURAL DAN SOSIAL JILBAB DI MAJALAH WANITA MUSLIM. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s2-2010-rahmawatia-12340-abstrak-9.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s2-2010-rahmawatia-11128-tsk050-w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Jilbab merupakan bagian dari sejarah kekuasaan yang panjang di Indonesia, yang maknanya sangat bergantung pada konsisi sosial-politik masyarakat Islam Indonesia. Awalnya, jilbab dikenakan kalangan aktivis Islam untuk menyatakan reaksinya terhadap revolusi Iran sekaligus sebagai upaya untuk menolak sekularisasi Barat. Namun, tahun 1990 hingga 2000 menandai adanya kecenderungan baru dalam berjilbab, yaitu sebagai sebuah pilihan gaya hidup dan gaya berbusana. Popularisasi jilbab salah satunya ditandai dengan banyaknya desainer khusus jilbab hingga media-media yang khusus diperuntukkan bagi wanita muslim. Ditangan dua institusi ini, Jilbab menjadi fashion, gaya berbusana yang berani dan inovatif dalam memadukan gaya-gaya berbusana global, yang diyakini merupakan tuntutan jaman. Penelitian ini difokuskan untuk melihat bagaimana wacana fashion jilbab di media. Secara lebih khusus penelitian ini ingin mengeksplorasi bagaimana makna sosial dan kultural jilbab baik yang dikonstruksi oleh praktisi media maupun oleh desainer. Analisis tekstual akan digunakan untuk melihat bagaimana jalinan antar tanda-tanda visual maupun verbal membentuk keterkaitan antara teks yang satu dan yang lain , baik yang dihasilkan melalui desainer, praktisi media, maupun teks itu sendiri sehingga membentuk sebuah diskursus Jilbab. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data visual image yang berupa fotografi fashion yang diambil dari majalah Noor dan Alia serta data berupa verbal (pernyataan atau narasi) yang didapatkan melalui hasil indepth interview dengan pemimpin redaksi dan desainer. Kedua-duanya akan diperlakukan sebagai data primer.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSK.05/09 Rah w
Uncontrolled Keywords: WOMEN IN ISLAM
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM621-656 Culture
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana
Creators:
CreatorsEmail
Aulia Rahmawati, 090610626UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameEmail
ContributorRachmah Ida, M.Comm.,PhDUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 02 Aug 2010 12:00
Last Modified: 03 Oct 2016 08:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28774
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item