PEMAKAIAN EYD DALAM PENULISAN SOAL TPB DI SEKOLAH DASAR DI SURABAYA: SEBUAH KAJIAN DARI PERSPEKTIF EVALUATIF-NORMATIF

Tubiyono, 0000 (2002) PEMAKAIAN EYD DALAM PENULISAN SOAL TPB DI SEKOLAH DASAR DI SURABAYA: SEBUAH KAJIAN DARI PERSPEKTIF EVALUATIF-NORMATIF. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (271kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya kesalahan pemakaian EYD dalam penulisan TPB SD. Oleh karena itu, masalah yang ingin dijawab dalam penelitian ini yaitu "Bagaimanakah bentuk kesalahan pemakaian EYD pada penulisan TPB SD?" dengan demikian, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pemakaian EYD daiam penulisan TPB SD. Penelitian ini menggunakan korpus data yang meliputi lima macam bidang studi yaitu; (1). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN); (2). Bahasa Indonesia; (3). Matematika; (4) Ilmu Pengetahuan Alam (IPA); (5). Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Untuk memudahkan cara kerja dalam penelitian yang dikaitkan dengan perolehan korpus data, maka dipergunakan kode-kode A, B, C, D, E dan F. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesalahan pemakaian EYD dalam penulisan soal TPB SD. Kesalahan-kesalahan penggunaan EYD antara lain: 1). Penulisan kata depan meliputi kata depan, kata bilangan, kata dasar berimbuhan, gabungan kata berimbuhan. 2). Penulisan huruf, baik huruf kapital maupun huruf miring. 3). Penggunaan tanda pungtuasi, khususnya tanda seru, elip, koma, tanda hubung dan tanda tanya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan adanya pelatihan penulisan soal TPB SD di Wilayah Surabaya agar kualitas soal lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Language and language; Orthography and spelling
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051-5497 Malayan (Indonesian) languages
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Tubiyono, 0000UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK/NUP
ContributorTubiyono, DRSUNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 01 Jan 2000 12:00
Last Modified: 13 Sep 2016 06:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item