RELASI KEKUASAAN SUAMI-ISTRI PADA MASYARAKAT NELAYAN

RETNO ANDRIATI, Dra.,MA. (2006) RELASI KEKUASAAN SUAMI-ISTRI PADA MASYARAKAT NELAYAN. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-andriatire-6846-lp1040-t.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-andriatire-6846-lp10408.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Permasalahan yang diajukan untuk penelitian ini adalah pertama, bagaimana konstruksi jender di rumahtangga nelayan?, ke dua, bagaimana implikasi konstruksi jender ini terhadap relasi kekuasaan suami-isteri di dalam rumahtangga masyarakat nelayan?. Tujuan penelitian ini secara umum, dimaksudkan untuk menangkap kontruksi sosial tentang jender dan implikasinya dengan relasi kekuasaan antara suami-isteri di dalam rumahtangga nelayan. Secara khusus, hasil penelitian ini memberi kontribusi bagi pengembangan teori jender baru dan antropologi ekonomi pada masyarakat nelayan dan masyarakat umumnya, serta memberikan kontribusi bagi pemerintah untuk meningkatkan posisi perempuan nelayan dan kesejahteraan rumahtangganya. Metode penelitian ini menggunakan dua perspektif metodologi, yaitu jender dan antropologi, dengan metode kualitatif. Untuk itu peneliti akan mendeskripsikan kehidupan dan kebudayaan masyarakat secara emic (berdasar pendapat dari masyarakat itu sendiri) dan etic (teoritik). Pendeskripsian akan dilakukan secara holistic atau menyeluruh, dengan mengumpulkan data primer melalui wawancara mendalam dengan pedoman wawancara, kepada reponden dan informan suami dan isteri nelayan. Pengumpulan data sekunder melalui studi pustaka dan monografi kelurahan sebagai kelengkapan data. Lokasi penelitian ini di 3 kelurahan, yaitu Kelurahan Karangsari, Kingking dan Sidomulyo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Alasan pemilihan lokasi ini, karena pernah ada penelitian di wilayah ini pada tahun 1982, ketika motorisasi memasuki kehidupan masyarakat nelayan dan bagaimana perubahan yang terjadi pada masyarakat nelayan ini sesudah 2 dekade.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 LP.104/08 And r
Uncontrolled Keywords: MAN WOMAN RELATIONSHIP
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K7000-7720 Private international law. Conflict of laws > K7120-7197 Persons > K7155-7197 Domestic relations. Family law > K7157-7179 Marriage. Husband and wife
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM
RETNO ANDRIATI, Dra.,MA.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSarmanu, Prof.Dr.,MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 08 May 2008 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 05:06
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28900
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item