KETAKUTAN DALAM DUA NOVEL HARIMAU - HARIMAU KARYA MOCHTAR LUBIS DAN WUTHERING HEIGHTS KARYA EMILY BRONTE : STUDI BANDING SEGI PSIKOLOGI PARA TOKOH

Amir Fatah, - (2004) KETAKUTAN DALAM DUA NOVEL HARIMAU - HARIMAU KARYA MOCHTAR LUBIS DAN WUTHERING HEIGHTS KARYA EMILY BRONTE : STUDI BANDING SEGI PSIKOLOGI PARA TOKOH. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK FATAH...pdf

Download (93kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan (1) Bagaimana manifestasi ketakutan dalam dua novel `HH' karya Mochtar Lubis dan `WH' karya Emily Bronte, dan (2) sejauhmana aspek persamaan dan perbedaan menifestasi ketakutan dalam dua novel tersebut ? Ketakutan merupakan suasana kejiwaan para tokoh yang tampak dominan dalam dua novel yang diteliti. Ketakutan sebagai fenomena kejiwaan merupakan sinyal yang mengindikasikan adanya suatu ancaman terhadap tokoh. Realitas objektif memperlihatkan bahwa ketakutan tampil dalam manifestasi yang beragam walaupun pada dasarnya manifestasi ketakutan tersebut juga mengandung aspek yang sama. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan manifestasi ketakutan dalam dua novel `HH' karya Mochtar Lubis dan ` WH' karya Emily Bronte dan (2) memperbandingkan manifestasi ketakutan untuk melihat pesamaan dan perbedaannya antara dua novel tersebut. Penelitian ini menggunakan dua novel yang ditulis oleh pengarang yang berbeda dan dalam bahasa yang berlainan novel `HH' ditulis oleh Mochtar Lubis dalam bahasa Indonesia, sedangkan `WH' dikarang oleh Emily Bronte dalam bahasa Inggris. Populasi penelitian difokuskan pada seluruh unsur peristiwa dalam kedua novel. Pengumpulan dilakukan dengan metode riset pustaka dan metode simak. Pengumpulan data dilakukan dengan mencari satuan - satuan peristiwa . Setiap satuan peristiwa kemudian diobservasi dan diklasifikasi menurut kondisi kejiwaan para tokoh yang terlibat dalam peristiwa. Setiap kondisi kejiwaan dalam peristiwa diklasifikasikan berdasarkan kerangka teori psikoanalisis dan teori studi banding Ubrich Weisstein. Setelah itu dilakukan penentuan data yang akan dianalisis.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 808.803 53 Ket
Uncontrolled Keywords: PSYCHOLOGICAL FICTION
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: 11. Fakultas Psikologi
Creators:
CreatorsEmail
Amir Fatah, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 14 Sep 2004 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 09:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28916
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item