POLA KOMUNIKASI DAN ALIANSI ANTARA BURUH DENGAN MAHASISWA DALAM AKSI - AKSI UNJUK RASA DAN PEMOGOKAN BURUH DI JAWA TIMUR

Siti Pudji Rahayu (2004) POLA KOMUNIKASI DAN ALIANSI ANTARA BURUH DENGAN MAHASISWA DALAM AKSI - AKSI UNJUK RASA DAN PEMOGOKAN BURUH DI JAWA TIMUR. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK ......pdf

Download (163kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Pertama untuk mengidentifikasikan sekaligus mendiskripsikan faktor - faktor utama yang melatarbelakangi pola komunikasi mereka serta frame of refference macam apakah yang aliansi kedua kelompok yang secara politis memiliki peran strategis ini. Kedua. mendiskripsikan pola - pola aliansi yang mereka bangun dan kembangkan selama ini, guna memberikan jalan yang lebih lapang bagi studi - studi tentang perburuhan di masa mendatang. Permasalahan yang muncul dan hendak diidentifikasikan melalui penelitian ini adalah : (1) Alasan - alasan rasional apa sajakah yang mendasari perlu dilakukannya aliansi antara buruh dengan mahasiswa, dan (2) Pola - pola aliansi semacam apakah yang mereka kembangkan dalam pemogokan dan unjuk rasa buruh mulai dari pembentukan opini, pengembangan isu - isu formulasi tuntutan buruh dalam pemogokan, perumusan bargaining power buruh berhadapan dengan pemilik modal dan alat - alat negara ( polisi dan tentara ) serta kegiatan pasca - pemogokan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan melakukan observasi langsung terhadap kehidupan buruh industri sehingga terjadi penajaman pemahaman tentang kondisi obyektif dan kualitas hidup sehari - hari mereka, apa yang mereka pikirkan dan apa yang mereka butuhkan. Agar data yang diperoleh reliabel maka ditentukan terlebih dahulu beberapa informan kunci ( key informans ) baik dari kalangan buruh maupun aktivis mahasiswa untuk kemudian secara snowball sampling data semakin dilengkapi dan semakin mendalam. Di samping teknik wawancara langsung dengan pertanyaan yang bersifat terbuka data juga diperoleh dari sumber - sumber sekunder, baik dari nara sumber maupun literatur yang relevan dengan dinamika kasus - kasus perburuhan dan gerakan mahasiswa. Dalam hal ini diskusi - diskusi dalam kelompok buruh dan aktivis mahasiswa juga dijadikan sumber kelengkapan data.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK 2 331.892 Rah p
Uncontrolled Keywords: COMMUNICATION IN PERSONNEL MANAGEMENT; STRIKES AND LOCKOUTS
Subjects: H Social Sciences
Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Siti Pudji RahayuUNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 16 Sep 2004 12:00
Last Modified: 04 Oct 2016 09:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28917
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item