TRANSFER CIRI SEGMENTAL DAN PROSODI: STUDI ARTIKULATORIS DAN AKUSTIK UCAPAN KATA-KATA BAHASA INGGRIS OLEH PENUTUR ASLI BAHASA MADURA DAN MAKASSAR

Sudijah, Dra.,MA. (2006) TRANSFER CIRI SEGMENTAL DAN PROSODI: STUDI ARTIKULATORIS DAN AKUSTIK UCAPAN KATA-KATA BAHASA INGGRIS OLEH PENUTUR ASLI BAHASA MADURA DAN MAKASSAR. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-res-2008-sudijah-6658-kkbkk--k.pdf

Download (591kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-res-2008-sudijah-6658-lp8008-t.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ciri segmental dan prosodi bahasa ibu (LI) sering memengaruhi pengucapan bahasa kedua (L2). Pengaruh dari LI ini disebut transfer bahasa (language transfer). Transfer negatif sering terjadi ketika seseorang yang telah memiliki aksen bahasa tertentu, mengucapkan bahasa lain, misalnya pelajar bahasa Inggris yang berasal dari Madura atau Makassar, masih sering mengucapkan bahasa Inggris dengan aksen bahasa ibu mereka. Transfer tersebut bisa berada pada tingkat segmental dan tingkat suprasegmental (prosodi) karena adanya berbagai perbedaan antara bahasa ibu mereka dengan bahasa Inggris. Kesulitan yang disebutkan di atas masih mungkin diatasi karena lingkungan sosial dan perilaku manusia akhir-akhir ini berubah dengan sangat cepat. Beberapa ciri segmental dan prosodi mungkin saja mengalami transfer positif jika ditunjang dengan perlakuan khusus. Hal ini dapat diawali dengan analisis ucapan kata-kata bahasa Inggris yang diucapkan oleh para penutur bahasa Madura dan Makassar. Analisis ini akan dapat menentukan ciri segmental dan prosodi bahasa ibu mereka yang tertransfer ke pengucapan kata-kata bahasa Inggris. Selanjutnya, perlakuan khusus berupa pelatihan fonetik artikulatoris dapat diterapkan untuk mengurangi atau menghilangkan terjadinya transfer negatif ciri segmental dan prosodi dari bahasa ibu mereka.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 LP 80/08 Sud t
Uncontrolled Keywords: ENGLISH LANGUAGE VERSIFICATION
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Sudijah, Dra.,MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 24 Apr 2008 12:00
Last Modified: 20 Jul 2017 19:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28920
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item