DINAMIKA EKOLOGI KOTA : STUDI TENTANG INFILTRASI, INVASI DAN SUKSESI DI PERUMNAS SIMOMULYO SURABAYA

Doddy Sumbodo Singgih, - (2014) DINAMIKA EKOLOGI KOTA : STUDI TENTANG INFILTRASI, INVASI DAN SUKSESI DI PERUMNAS SIMOMULYO SURABAYA. Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini mencoba memahami proses dinamika ekologi kota yang terjadi di Wilayah Perumnas Simomulyo, Suraboyo, khususnya melihat bagaimana proses pindah-masuk penghuni Perumnas, reaksi yang ditunjukkan penghuni lama terhadap kedatangan penghuni baru serta proses pergantian penghuni yang terjadi. Proses ini dalam kopsep ekologi kota disebut dengan infiltrasi, invasi dan suksesi. Selain bersifat deskriptif kualitatif, penelitian ini juga mencoba membuat intepretasi, ulasan teoritis dari data yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan dengan lebih mengandalkan pada data sekunder yang tersedia, penelitian sebelumnya serta wawancara mendalam ( depth interview ) yang dilakukan terhadap responden terpilih atau key informan. Selanjutnya ponelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan, yaitu ; Pertama, proses infiltrasi terjadi ditandai oleh masuknya penghuni Perumnas secara bertahap dengan karekteristik yang sama yakni, berasal dari masyarakat kota lapisan bawah yang memiliki status sosial ekonomi rendah. Kedua, masuknya penghuni baru yang menempati rumah tipe lebih tinggi ternyata menimbulkan reaksi ( invasi ). Ketiga, Telah terjadi pergantian penghuni dari penghuni lama yang memiliki kondisi ekonomik rendah pada penghuni baru yang umumnya memilikl status sosial ekonom1 lebih tinggi. Namun demikian belum nampak adanya fase klimaks dalam proses suksesi.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: 307.336 Din
Uncontrolled Keywords: SOSIOLOGI KOTA; PERUMAHAN
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT101-395 Urban groups. The city. Urban sociology
Divisions: Unair Research > Non-Exacta
Creators:
CreatorsEmail
Doddy Sumbodo Singgih, -UNSPECIFIED
Depositing User: Dwi Prihastuti
Date Deposited: 03 Jun 2014 12:00
Last Modified: 20 Jul 2017 19:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28922
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item