POLA KONSUMSI DAN PENGARUH INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA REMAJA (STUDI ANALISIS PRESEPSI PADA REMAJA DI KOTAMADYA SURABAYA)

Yuyun W.I. Surya, - (2009) POLA KONSUMSI DAN PENGARUH INTERNET SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI INTERAKTIF PADA REMAJA (STUDI ANALISIS PRESEPSI PADA REMAJA DI KOTAMADYA SURABAYA). Other thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak yuyun.pdf

Download (95kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seperti halnya media massa yang lain, keberadaan internet ini membangkitkan berbagai pertanyaan akan efek negatif yang ditimbulkannya, selain keberadaan efek positif seperti penyampaian dan pengiriman informasi yang cepat dan update melalui fasilitas-fasilitas e-mail, sural kabar online, forum diskusi dan juga chatting serta beragam situs-situs yang ada yang memperkaya khasanah pengetahuan penggunanya. Lebih lanjut keberadaan media komunikasi ini acapkali dianggap sebagai penyebab perilaku asosial penggunanya. Hal ini dikarenakan internet adalah media komunikasi yang memiliki karakteristik interaktif yang membuat penggunanya merasakan seolah mengalami komunikasi tatap muka sebagaimana di dunia nyata walaupun hal tersebut hanya terjadi di dunia maya (virtual warfel). Hasil penelitian yang dilakukan di Inggris terhadap 445 pengguna internet menunjukkan adanya relasi positif antara tingginya penggunaan internet dengan sikap depresi dan introvert (Petrie & Gunn, 1998). Ketiadaan perangkat hukum yang mengatur sekaligus ketidakpahaman masyarakat akan pola-pola pencegahan penyalahgunaan internet serta karakteristik internet sebagai borderless communication media merupakan penyebab kalim internet sebagai media yang lebih banyak merugikan daripada memberikan manfaat. Hal ini terutama terjadi pada diri remaja. yang berdasarkan survei terakhir yang diadakan majalah Swa merupakan pengguna terbesar di Indonesia. Dikhawatirkan pola penggunaan yang tidak bijaksana berpotensi untuk konsumsi ini berkaitan erat dengan pola pikir dan cara pandang remaja terhadap keberadaan internet itu sendiri, dimana hal ini acapkali dipengaruhi oleh interaksinya dengan kelompok sosial disekitarnya, terutama peer group. Griffith (1996) menyatakan bahwa tipikal pengguna internet remaja.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: KKB KK-2 004.678 Sur p FILE FULLTEXT TIDAK ADA
Uncontrolled Keywords: Media
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q179.9-180 Research
Divisions: Unair Research
Creators:
CreatorsNIM/NIDN
Yuyun W.I. Surya, -UNSPECIFIED
Depositing User: Tn Septian Eko Budianto
Date Deposited: 01 Oct 2004 12:00
Last Modified: 06 Oct 2016 04:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/28938
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item